logo


Diklat Berujung Kematian, Bamsoet Minta Nadiem Bubarkan Menwa UNS

Jika terbukti ada penganiayaan saat diklat, Menwa UNS patut dibubarkan.

28 Oktober 2021 16:04 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ikut angkat bicara soal meninggalnya mahasiswa bernama Gilang Endi Saputra saat mengikuti Diklatsar Resimen Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (Menwa UNS).

Tokoh yang karib disapa Bamsoet itu meminta Kemendikbudristek mempertimbangkan sanksi tegas bagi Menwa UNS, yakni pembubaran organisasi tersebut.

"Bersikap tegas kepada Menwa di UNS, yaitu dengan pertimbangan untuk memberikan sanksi tegas hingga sanksi pembubaran organisasi Menwa UNS apabila terbukti ada unsur pelanggaran atau kelalaian dari pihak Menwa UNS yang menyebabkan meninggalnya mahasiswa yang mengikuti Diksar Menwa UNS," ujar Bamsoet kepada wartawan, Kamis (28/10).


Nadiem Bakal Basmi 3 Hal dari Sistem Pendidikan Nasional, Apa Saja?

Bamsoet juga mendesak kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim itu bersama Rektorat UNS untuk melakukan evaluasi kegiatan kemahasiswaan di UNS. Langkah ini, menurut dia, bisa mencegah peristiwa serupa terulang.

Selain itu, Bamsoet meminta aparat kepolisian untuk segera menyelesaikan penyelidikan dan menetapkan tersangka.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu juga mendorong Rektorat UNS dan penyelenggara Diklatsar untuk menjelaskan kronologi kejadian yang menyebabkan Gilang meninggal.

Menurut Bamsoet, peristiwa tersebut menjadi tanggung jawab penuh Rektorat UNS dan penyelenggara Diklatsar.

Banyak Sekolah Belum Gelar PTM Terbatas, Nadiem Ngamuk hingga Banting Meja

Halaman: 
Penulis : Iskandar