logo


Singkirkan Militan Kurdi, Turki Dilaporkan Akan Terjunkan Ratusan Pasukan Militer ke Suriah

Sejumlah narasumber anonim Bloomberg malaporkan jika Turki akan mengirimkan ratusan personil militernya ke perbatasan Suriah untuk membersihkan wilayah itu dari pasukan militan Kurdi

28 Oktober 2021 12:30 WIB

Kendaraan militer Turki di Suriah
Kendaraan militer Turki di Suriah Sputniknews

ANKARA, JITUNEWS.COM - Turki sudah mengerahkan ratusan personil militernya di wilayah Suriah utara untuk melancarkan serangan terhadap pasukan Kurdi yang didukung oleh AS. Hal itu disampaikan oleh sejumlah pejabat pemerintah Turki pada Rabu (27/10) kepada Bloomberg.

Beberapa narasumber anonim tersebut mengatakan jika tujuan utama serangan itu adalah untuk memastikan dua pertiga wilayah perbatasan Turki-Suriah terbebas dari kehadiran pasukan militan Kurdi.

Pejabat Turki juga mencatat bahwa Ankara berniat menguasai sejumlah area di Selatan kota Kobani untuk menyatukan wilayah-wilayah Suriah di sekitar Sungai Euphrates, yang sebelumnya sudah mereka duduki.


China: Taliban Sangat Ingin Berdialog dengan Seluruh Dunia

Sebelumnya, pada 13 Oktober lalu Menteri Pertahanan Turki Mevlut Cavusoglu mengklaim AS dan Rusia telah gagal menunaikan kewajiban mereka dengan tidak mengeliminasi pasukan Kurdi di Suriah Utara. Satu pekan setelah pernyataan tersebut dilontarkan, Presiden Turki Erdogan juga mengancam akan menggunakan persenjataan berat dalam penyelesaian di perbatasan dengan Suriah.

Antara tahun 2016 hingga 2019, militer Turki sudah melakukan tiga operasi di Suriah utara, melawan formasi ISIS dan Kurdi.

Pemerintah Suriah sendiri juga sudah berulang kali menyebut kehadiran pasukan Turki di wilayah perbatasan Suriah sebagai pelanggaran terhadap undang-undang internasional dan mendesak Ankara untuk menarik pasukan dari wilayah itu.

Vladimir Putin Sebut Asia Timur Hadapi Ancaman Perlombaan Senjata Nuklir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia