logo


PKB: Tak Menutup Kemungkinan Pilpres 2024 Hanya Akan Diikuti 1 Paslon

PKB mengatakan bahwa untuk mencegah adanya politik identitas harus ada minimal tiga pasangan calon di Pilpres 2024

27 Oktober 2021 20:39 WIB

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid Fraksipkb

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengatakan bahwa untuk mencegah adanya politik identitas harus ada minimal tiga pasangan calon di Pilpres 2024. Menurutnya, jika hanya ada dua paslon politik identitas bisa terjadi.

"Minimal ada 3 pasangan calon kalau dilihat dari posisi jumlah presidential threshold 20 persen minimal atau 3 pasangan calon, kalau besok terjadi dua pasangan calon saya yakin politik identitas akan terjadi, karena nanti akan ada pembelahan antara calon presiden yang menggunakan isu agama, isu etnis maupun isu menjatuhkan salah satu karena terjadinya dua kubu," kata Jazilul, dalam diskusi 'Merawat Persatuan dan Menolak Politik Identitas Menjelang Pilpres 2024' di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (27/10).

Jazilul menyebut ada kemungkinan Pilpres 2024 diikuti hanya satu paslon. Menurutnya, akibat pandemi Covid-19 partai-partai dapat bersatu.


Mardani: Pemilih PKS Memilih Ganjar Bagus Buat Saya, Pemilih PDIP Memilih Saya

"Namun ini juga tak menutup kemungkinan bahwa Pilpres 2024, itu juga hanya akan diikuti satu pasangan calon, tidak menutup kemungkinan, karena dampak dari pandemi ini dan memaksa partai-partai dapat bersatu menemukan calon siapa yang paling baik untuk mengatasi keadaan, tetapi meskipun ini mungkin terjadi jauh dari kemungkinan yang ada," ujarnya.

PKB berupaya setidaknya ada tiga poros di Pilpres 2024. Jazilul mengatakan bahwa PKB akan memimpin satu poros.

"Oleh karena itu, posisi kami atau saya selaku pengurus PKB kami akan menyiapkan pilpres ini supaya tidak terjadi politik identitas dengan melakukan upaya-upaya dengan terbentuknya poros lebih banyak minimal 3 poros dan PKB berupaya untuk memimpin satu poros," kata Jazilul.

PDIP: Sepertinya Ada yang Ingin Membelah Partai

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata