logo


Joe Biden Diminta Tak Jatuhkan Sanksi bagi India terkait Pembelian Senjata dari Rusia

Dua orang senator meminta Joe Biden untuk tidak menjatuhkan sanki terhadap India terkait pembelian sistem pertahanan S-400 dari Rusia. Mereka menilai sanksi akan merusak kerjasama AS-India yang sedang meningkat.

27 Oktober 2021 20:45 WIB

Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Presiden Amerika Serikat Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Dua orang senator AS, Senator Partai Republikan John Corny dan Senator Partai Demokrat Mark Warner telah mendesak Presiden Joe Biden untuk membatalkan pemberian sanksi terhadap India atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia, dengan mengatakan jika sanksi seperti itu akan membahayakan kerja sama bilateral AS-India yang sedang berkembang.

India menandatangani kesepakatan senilai $5,5 miliar dengan Rusia pada 2018 untuk lima unit sistem pertahanan tersebut guna melawan Pakistan dan China, dalam konflik perbatasan.

“Kami meyakini ada kepentingan keamanan nasional untuk menghapus sanksi,” kata para senator dalam surat yang mereka kirimkan kepada Joe Biden, dikutip Al Arabiya.


Menlu AS Dukung Taiwan Jadi Anggota PBB, Begini Reaksi China

Keduanya mengatakan bahwa mereka khawatir jika sanksi seperti itu akan membahayakan kerja sama bilateral AS-India yang sedang berkembang.

“Kami percaya bahwa penerapan sanksi CAATSA dapat memiliki efek merusak pada kemitraan strategis dengan India, sementara pada saat yang sama, tidak mencapai tujuan yang dimaksudkan untuk menghalangi penjualan senjata Rusia,” tulis mereka.

“Memberlakukan sanksi saat ini dapat menggagalkan kerja sama yang semakin dalam dengan India di semua aspek hubungan bilateral kita – mulai dari vaksin hingga kerja sama pertahanan, dari strategi energi hingga teknologi,” tandasnya.

Rusia Bilang Teroris dan Kriminal Afghanistan Menyamar jadi Pengungsi untuk Menyusup ke Negara Asia Tengah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia