logo


Rusia Bilang Teroris dan Kriminal Afghanistan Menyamar jadi Pengungsi untuk Menyusup ke Negara Asia Tengah

Menteri Luar Negeri Rusia meyakini jika para teroris yang berasal dari wilayah Afghanistan bisa saja menyamar menjadi pangungsi agar dapat menyusup ke negara-negara di kawasan Asia Tengah

27 Oktober 2021 20:30 WIB

Sergey Lavrov
Sergey Lavrov Tass

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Rabu (27/10) kembali membahas mengenai perkembangan situasi di Afghanistan dengan sejumlah perwakilan negara-negara Asia Tengah. Ia mengatakan bahwa para teroris serta penjahat telah menyamar sebagai pengungsi Afghanistan dan mencoba untuk menyusup ke negara-negara tetangga.

"Jelas, tanpa perjuangan tegas melawan produksi dan penyelundupan narkoba, dan melawan kelompok teroris internasional yang bersembunyi di Afghanistan dan dimanipulasi dari luar, hampir tidak mungkin untuk membentuk kebijakan luar negeri yang normal, terutama dengan negara-negara tetangga, yang bertujuan untuk mengatasi kekuatan destruktif ini," kata Lavrov pada pertemuan yang diselenggarakan oleh Iran, dikutip Sputniknews.

Menurutnya, setelah hampir dua dekade NATO telah memaksakan model pembangunan sebuah sistem pemerintahan di Afghanistan yang gagal, negara itu kini harus memulai dari awal.


Erdogan Desak Armenia Segera Perbaiki Hubungan dengan Azerbaijan

"Tampaknya, waktunya telah tiba untuk mulai memobilisasi upaya mengumpulkan sumber daya untuk bantuan keuangan, ekonomi, dan kemanusiaan untuk Afghanistan," tambah Lavrov.

Menlu AS Dukung Taiwan Jadi Anggota PBB, Begini Reaksi China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia