logo


Jari Manis Lebih Panjang dari Telunjuk? Awas Kanker Prostat

Ukuran jari manis yang lebih panjang dari telunjuk bisa menjadi indikator resiko kanker prostat

18 Mei 2015 11:31 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kanker prostat, merupakan salah satu jenis kanker yang umum menyerang pria berusia diatas 50 tahun. Kanker ini sangat berbahaya jika sudah berada di stadium akhir dan telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Setiap pria yang berusia 50 tahun ke atas perlu melakukan cek prostat secara teratur jika mengalami buang air kecil yang menganggu. Karena hampir semua gangguan prostat termasuk kanker prostat berhubungan dengan keluhan tersebut. Di Amerika Serikat sendiri, kanker ini adalah penyebab kematian terbesar kedua diantara kanker lainnya.

Melihat besarnya bahaya yang ditimbulkan dari kanker prostat tersebut, peneliti kesehatan dari British Journal of Cancer tertarik untuk melakukan penelitian tentang penyakit ini. Dan hasil dari penelitian tersebut pun cukup mengejutkan. Menurutnya panjang jari telunjuk mempunyai pengaruh terhadap resiko seseorang terkena kanker prostat.

Menurutnya, pria dengan jari telunjuk yang lebih panjang daripada jari manisnya, 33% lebih aman dari kanker tersebut dibandingkan dengan pria dengan jari telunjuk lebih pendek.


Mendeteksi Penyakit dengan Lidah

Sekarang perhatikan jari telunjuk dan jari manis Anda, yang mana yang lebih panjang. Menurut Ros Eeles dari Institure of Cancer Research seperti yang dilansir oleh menhealth, ukuran jari manis yang lebih panjang dari telunjuk bisa menjadi indikator resiko kanker prostat yang besar, terutama bagi pria berusia 60 tahun ke atas.

Penjelasan ilmiahnya adalah pria yang memiliki jari telunjuk lebih panjang ternyata memiliki testoteron yang lebih rendah saat mereka masih bayi di dalam kandungan. Hal tersebut disebut dapat melindungi pria dari kanker setelah mereka dewasa.

Tetapi, jari telunjuk yang lebih panjang memiliki bakat olahraga yang kurang. Menurut studi Teesside University, pria yang jari manisnya lebih panjang, lebih sukses menjadi atlet dikarenakan tingkat hormon maskulin mereka yang lebih banyak.

Apabila artikel ini membuat Anda mengukur jari Anda, dan ternyata jari telunjuk Anda lebih pendek, jangan khawatir karena pola hidup yang sehat bisa mengurangi resiko terkena kanker prostat. Tidak ada cara yang lebih tepat untuk mendiagnosa kanker prostat selain dengan melakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli. Karena gejala yang mungkin dirasakan penderita tidak spesifik dan bisa merupakan gejala dari penyakit lain.

Pria Wajib Sering Masturbasi, Ini Manfaat Menakjubkan yang Didapat

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah