logo


Erick Thohir Dinilai Sibuk Pencitraan Diri untuk Muluskan Jalan ke 2024

Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Jokowi menyebut keberhasilan Jokowi-Ma'ruf seakan tertutupi akibat Menteri BUMN, Erick Thohir

27 Oktober 2021 15:20 WIB

Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Jokowi memprotes Erick Thohir
Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Jokowi memprotes Erick Thohir Dok. Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wapres Ma'ruf Amin sudah genap dua tahun. Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Jokowi menyebut banyak keberhasilan yang sudah ditorehkan oleh Jokowi-Ma'ruf. Keberhasilan Jokowi-Ma'ruf terutama di sektor usaha dan ekonomi, khususnya terkait Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Jokowi, Bung Sutris, menyebut keberhasilan Jokowi-Ma'ruf seakan tertutupi akibat Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Namun keberhasilan Jokowi-Ma’ruf itu seakan-akan tertutupi, bahkan hampir runtuh oleh ulah Menteri BUMN saat ini yaitu Erick Thohir. Salah satunya adalah soal pembentukan Super Holding BUMN," kata Bung Sutri dalam keterangannya, Rabu (27/10).


Kursi Jubir Presiden Kosong, PDIP Sebut Menteri Bisa Bertindak Sebagai Jubir

Menurutnya, jika Erick Thohir melanjutkan visi misi Jokowi bisa jadi Indonesia sudah memiliki Super Holding. Sehingga BUMN di Indonesia bisa dikelola lebih optimal tanpa bayang-bayang kepentingan politik.

"Jika saja Erick Thohir melanjutkan visi misi besar Presiden Jokowi tersebut, mungkin Indonesia saat ini sudah memiliki Super Holding seperti yang ada di Singapura, yaitu Temasek. Jadi, BUMN-BUMN yang ada di Indonesia, bisa dikelola dengan lebih profesional dan optimal. Sehingga, pengelolaan BUMN tidak akan lagi dibayang-bayangi oleh kepentingan politik," katanya.

Bung Sutris menyebut Erick Thohir sibuk melakukan pencintraan untuk maju Pilpres 2024. Menurutnya, Erick memanfaatkan keberhasilan Jokowi-Ma'ruf untuk mendompleng elektabilitas.

"Namun sayang, bukannya melanjutkan pembentukan Super Holding, Erick Thohir malah sibuk dengan melakukan pencitraan diri yang mungkin saja untuk memuluskan jalannya menuju Pilpres 2024 mendatang," sebutnya.

"Erick Thohir malah membajak janji kampanye Jokowi dan memanfaatkan keberhasilan Jokowi-Ma’ruf guna mendompleng elektabilitasnya. Erick Thohir sudah seperti api dalam sekam, duri dalam daging, bahkan seperti lintah yang menghisap kesuksesan dan keberhasilan Jokowi-Ma’ruf," lanjutnya.

Menurutnya, jika Erick Thohir tetap berada di kabinet mungkin bisa merusak ekosistem kerja Jokowi.  

"Jika Erick Thohir tetap dibiarkan bermanuver di dalam Kabinet Kerja Jokowi-Ma’ruf, maka tidak mungkin akan merusak ekosistem kinerja Presiden Jokowi karena bukan tidak mungkin juga Erick Thohir 'menikam' dari belakang seperti musuh dalam selimut," katanya.

Bung Sutris lalu mencontohkan Erick Thohir yang memamerkan kinerja keseluruhan BUMN yang mengalami kenaikan laba kepada publik, padahal ada kejanggalan. Menurutnya, Erick ingin terlihat sukses namun dengan hasil yang nihil.

"Salah satu contohnya adalah Erick Thohir dengan bangga memamerkan ke publik soal kinerja keseluruhan BUMN yang mengalami kenaikan laba. Padahal banyak kejanggalan dalam hal itu. Misalnya saja terkuaknya Penyertaan Modal Negara (PMN) Tahun 2021 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diklaim Erick Thohir menjadi laba dari BUMN," bebernya.

"Erick Thohir sepertinya terlihat ingin tampil sukses namun dengan hasil yang nihil. Justru, langkah Erick Thohir tersebut akan mencoreng wibawa Presiden Jokowi," lanjutnya.

Ada empat hal yang diminta oleh Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Jokowi. Pertama, mendesak Erick Thohir untuk menghentikan pembajakan Jokowi-Ma'ruf.

"Kami Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Jokowi mendesak Erick Thohir menghentikan pembajakan keberhasilan Jokowi-Ma’ruf. Presiden Jokowi harus segera memecat Erick Thohir dari jabatan Menteri BUMN. Bubarkan Kementerian BUMN, dan bentuk Super Holding BUMN," tutup Bung Sutris.

Dorce Gamalama Sakit, Erick Thohir Bantu Biaya Pengobatan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata