logo


Erdogan Desak Armenia Segera Perbaiki Hubungan dengan Azerbaijan

Presiden Turki mengatakan bahwa Armenia harus memperbaiki hubungan dengan Azerbaijan jika ingin menjalin hubungan diplomatik dengan Turki

27 Oktober 2021 14:45 WIB

Bendera Azerbaijan (kiri) dan Armenia
Bendera Azerbaijan (kiri) dan Armenia istimewa

ANKARA, JITUNEWS.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa (26/10) mengatakan bahwa pemerintah Armenia harus segera memperbaiki hubungan bilateral dengan musuh bebuyutannya, Azerbaijan, jika ingin memiliki hubungan diplomatik dengan Ankara.

Turki dan Armenia hingga saat ini diketahui tidak memiliki hubungan diplomatik, dimana wilayah perbatasan kedua negara masih tertutup. Hal tersebut disebabkan oleh faktor sejarah permusuhan kedua negara yang berakar pada pembantaian orang-orang Armenia di bawah kekuasaan Turki Utsmaniyah selama Perang Dunia I.

Hubungan pahit semakin memburuk baru-baru ini saat Turki memberikan dukungan militer untuk Azerbaijan, yang pada tahun lalu terlibat konflik dengan Armenia, memperebutkan wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan.


China dan Rusia Sudah Kembangkan Rudal Hipersonik, Perusahaan Teknologi AS: Kita Sudah Tertinggal

“Jika Armenia menunjukkan niat baik yang tulus terhadap Azerbaijan, maka tidak akan ada hambatan untuk normalisasi hubungan antara Turki dan Armenia,” kata Erdogan saat berkunjung ke Azerbaijan pada Selasa (26/10), dilansir Al Arabiya.

“Turki akan membalas langkah-langkah Armenia, dengan tujuan membangun perdamaian abadi di kawasan,” katanya dalam konferensi pers setelah menghadiri pembukaan bandara yang baru dibangun di distrik Fizuli Azerbaijan yang direbut kembali melalui perang selama enam pekan pada tahun 2020 lalu.

Pada bulan September kemarin, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan bahwa Yerevan siap mengadakan diskusi untuk memperbaiki hubungan dengan Turki.

Arab Saudi-Yunani Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dan Pertahanan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia