logo


China Tak Akan Biarkan Pihak Asing Ikut Campur dalam Isu Taiwan

Juru bicara Kemenlu China mengatakan bahwa tidak akan ada satu pun pihak asing yang akan diijinkan untuk ikut campur dalam isu Taiwan

26 Oktober 2021 21:35 WIB

Bendera China dan Taiwan
Bendera China dan Taiwan RT.com

BEIJING, JITUNEWS.COM - China tetap menentang segala upaya pihak asing untuk ikut campur dalam masalah Taiwan dan akan terus melindungi integritas teritorialnya. Hal itu disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China pada Selasa (26/10) dalam sebuah sesi konferensi pers.

"Pertanyaan Taiwan adalah murni urusan internal China, yang tidak akan mengizinkan adanya campur tangan kekuatan eksternal. China akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, serta menentang campur tangan negara mana pun yang tidak beralasan dalam masalah Taiwan dan tindakan yang merusak perdamaian dan stabilitas regional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian dilansir Sputniknews.

Ia menambahkan bahwa Beijing akan bekerja sama dengan Pyongyang dalam membela kepentingan kedua negara. Hal itu ia sampaikan sebagai tanggapan atas pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Pak Myong Ho, yang menyebut sikap dan pernyataan Joe Biden terkait Taiwan juga berpotensi memicu ketidakstabilan situasi di Semanjung Korea.


Vladimir Putin dan Presiden China Tak Akan Hadir di KTT G20 Akhir Pekan Ini

Sebagaimana diketahui, China selama ini masih menganggap Taiwan sebagai salah satu provinsinya. Sementara itu, Taiwan yang sudah membentuk pemerintahan independen sejak 1949, menyatakan bahwa mereka adalah negara merdeka, dan memiliki hubungan politik dan ekonomi dengan beberapa negara lain yang mengakui kedaulatannya.

Politisi Demokrat AS Desak Pencopotan Anggota Parlemen yang Terlibat Aksi Kerusuhan Gedung Capitol

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia