logo


Vladimir Putin dan Presiden China Tak Akan Hadir di KTT G20 Akhir Pekan Ini

Seorang narasumber anonim Reuters melaporkan jika China akan mengirimkan Menteri Luar Negeri Wang Yi dalam pertemuan KTT G20 yang akan digelar di Roma, Italia, pada Sabtu dan Minggu akhir pekan ini

26 Oktober 2021 20:06 WIB

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Presiden China Xi Jinping dikabarkan tidak akan menghadiri secara langsung KTT G20 yang akan digelar di Roma, Italia. Hal tersebut disampaikan oleh seorang narasumber Reuters yang mengetahui hal tersebut pada Selasa (26/10).

Pada pertemuan tingkat tinggi yang akan digelar pada Sabtu dan Minggu pekan ini tersebut, China akan mengirimkan Menteri Luar Negeri Wang Yi untuk menggantikan Xi Jinping, yang hanya akan mengikuti pertemuan secara virtual dari Beijing.

Sebelumnya, pada pekan lalu pemerintah Rusia mengatakan jika Presiden Vladimir Putin juga tidak akan dapat menghadiri KTT G-20, sama seperti Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.


PBB Desak ASEAN Tak Akui Junta Militer Myanmar sebagai Pemerintahan Resmi

Meski tidak menghadiri KTT secara langsung, namun hal tersebut tidak akan merusak peluang terciptanya progres yang baik pada KTT G-20 tersebut, yang pada kesempatan kali ini akan berfokus pada isu perubahan iklim dan penanganan pandemi Covid-19.

Narasumber tersebut juga menambahkan bahwa pada pertemuan itu, diharapkan para pemimpin G20 memberikan pengakuannya tentang pentingnya membatasi tingkat pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius dan komitmen untuk mencapai nol persen tingkat emisi karbon pada "sekitar pertengahan abad ini."

Kudeta Militer, AS Hentikan Pemberian Dana Bantuan Senilai US$ 700 Juta untuk Sudan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia