logo


Menlu China Gelar Pertemuan dengan Delegasi Taliban di Qatar, Bahas Apa?

Juru bicara Kemenlu China mengatakan bahwa Wang Yi saat ini tengah berada di Doha, Qatar, dan bertemu dengan petinggi Taliban

26 Oktober 2021 18:40 WIB

Pimpinan Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi
Pimpinan Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi Sputnik

DOHA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dikabarkan tengah berada di Doha, Qatar, untuk bertemu dengan sejumlah delegasi Taliban. Hal itu merupakan pertemuan tingkat tinggi pertama antara China dan Taliban sejak kelompok militan tersebut mengambil alih pemerintahan Afghanistan pada pertengahan Agustus lalu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, mengatakan bahwa dalam kunjungan tersebut, kedua pihak akan membahas mengenai "perubahan fundamental" yang terjadi di Afghanistan sejak Wang Yi bertemu dengan Taliban pada Juli lalu di Tianjin.

"Rakyat Afghan juga sedang menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan, dimana ada sebuah kebutuhan mendesak akan dukungan eksternal," kata Wenbin, dikutip Sputniknews.


Militer Rusia-China Gelar Latihan Tempur Gabungan, AS: Kami Tidak Ada Masalah dengan Hal Itu

"Sebagai sebuah negara tetangga yang ramah dan rekan kerjasama Afghanistan, China selama meminta dialog dan keterlibatan dalam memandu Afghanistan menuju perkembangan yang positif dan membantu rakyat mengatasi berbagai kesulitan," tambahnya.

Sementara itu, dalam sebuah siaran pers, Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia, David Beasley mengatakan bahwa Afghanistan saat ini menjadi satu dari sejumlah negara yang mengalami krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dimana ketahanan pangan di negara tersebut diambang keruntuhan.

"Musim dingin ini, jutaan rakyat Afghanistan akan dipaksa untuk memilih antara migrasi atau kelaparan, kecuali kita dapat mengirimkan bantuan penyelamat jiwa dan perekonomian dapat dipulihkan," kata Beasly.

AS, Inggris dan Norwegia Kutuk Kudeta Militer di Sudan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia