logo


Desak BPN Riau Ukur Ulang HGU PT Musim Mas, AMPJ Riau: Sesuai Arahan Ketua Panja Komisi II DPR

Kuat dugaan kuat banyak perkebunan sawit PT Musim mas berada di luar HGU berdasarkan laporan warga

26 Oktober 2021 13:25 WIB

Area HGU PT Musim Mas
Area HGU PT Musim Mas Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Aliansi Mahasiswa Pelalawan Jakarta Riau (AMPJ RIAU) telah melaporan PT Musim Mas ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau.

Aktivis pemuda Pelalawan, Adi Putra mengatakan pelaporan ini terkait keberadaan beberapa pemakaman dan perkampungan warga yang masih berada di dalam area Hak Guna Usaha (HGU), PT Musim Mas.

“Kuat dugaan kuat banyak perkebunan sawit PT Musim mas berada di luar HGU berdasarkan laporan warga Pangkalan Lesung dan Pangkalan Kuras Pelalawan Riau,” ujar Adi di Jakarta, Selasa (26/10/2021).


Diduga Lakukan Rekayasa Jual-Beli Tanah, Kader Perindo Dilaporkan ke Polisi

Dalam hal ini, Adi meminta BPN provinsi Riau segera turun tangan untuk melakukan investigasi.

BPN provinsi Riau juga didesak untuk melakukan pengukuran ulang HGU PT Musim Mas di Pangkalan Lesung dan Pangkalan Kuras.

“Desakan ini juga sesuai arahan ketua Panja Komisi II DPR RI, Junimart Girsang yang beberapa waktu lalu meminta agar BPN Riau segera mengukur ulang terhadap perusahaan bermasalah," kata Adi.

Adi menambahkan bahwa AMPJ RIAU juga akan melaporkan ke Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Indonesia terkait lahan gambut yang masih di tanam kelapa sawit oleh PT Musim Mas.

“Pantauan kita di lapangan gambutnya sangat dalam, makanya nanti kita minta Untuk cek kelapangan ini tentu bertentangan dengan amanat undang-undang di dalam pengelolaan Gambut sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan P.10/MENLHK/SEKJEN/KUM.1/3/2019 tentang Penentuan, Penetapan dan Pengelolaan Gambut,” tukasnya.

Dilaporkan Terkait Pengamanan Tanah Sengketa, Kapolres Jakbar Angkat Bicara

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar