logo


Soal Biaya Tes PCR, Teddy Gusnaidi: Harusnya dari Dulu Bisa Murah, Cukup Rp10 Ribu Saja

Harga tes PCR mengalami penurunan seiring intervensi pemerintah.

26 Oktober 2021 13:18 WIB

Dewan Pakar PKPI Teddy Gusnaidi
Dewan Pakar PKPI Teddy Gusnaidi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pegiat media sosial Teddy Gusnaidi angkat bicara soal biaya tes PCR yang dinilai terlampau mahal bagi masyarakat. Diketahui, tes PCR bakal diwajibkan pada semua moda transportasi untuk mencegah adanya klaster baru di ruang publik.

Teddy menilai harga tes PCR sebenarnya bisa di bawah Rp100 ribu. Hal ini didasari adanya penurunan harga tes PCR sejak awal pandemi hingga sekarang.

“PCR tahun lalu 2 jutaan per orang, kini bisa dibawah 1 juta setelah pemerintah intervensi, bahkan Pak Jokowi rencananya akan mematok menjadi 300 ribu,” cuitnya lewat akun Twitter @TeddGus, Selasa (26/10).


Tes PCR Bakal Diwajibkan di Semua Transportasi, Ferdinand: Bukankah Vaksin dan Masker Ganda Cukup?

Eks politikus PKPI itu menyebut tes PCR seharusnya bisa murah sejak dulu. Bahkan, ia mematok di angka Rp10 ribu sekali tes.

“Artinya apa? Artinya.. PCR itu dari dulu bisa murah. Makanya dari awal saya katakan, biaya PCR itu cukup 10 ribu rupiah saja,” tuntasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan agar harga tes PCR diturunkan menjadi Rp300 ribu. Selain itu, Jokowi juga mengimbau agar masa berlaku hasil tes PCR diperpanjang menjadi 3x24 jam.

Sekadar informasi, biaya tes PCR di Indonesia tergolong tinggi pada awal pandemi, yakni sekitar Rp 900 ribu. Merespons keluhan masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan lantas menurunkan biaya tes PCR di wilayah Jawa-Bali menjadi Rp 495 ribu.

Jokowi Minta Tes PCR Diturunkan Lagi, Kemenkes: Kami Sedang Hitung Ulang

Halaman: 
Penulis : Iskandar