logo


Soal Pelat Mobil 'RFS' Milik Rachel Vennya, Polisi: Tiap Orang Boleh Asalkan....

Pelat mobil 'RFS' milik Rachel Vennya menjadi sorotan publik

25 Oktober 2021 15:08 WIB

Rachel Vennya
Rachel Vennya Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelat mobil 'RFS' milik Rachel Vennya menjadi sorotan publik. Pelat Rachel Venyya dikaitkan dengan pejabat. Polisi memastikan pelat 'RFS' milik Rachel Vennya bukan nopol khusus.

Polisi menjelaskan aturan terkait nopol khusus, Peraturan Kapolri (Perkap) No 3 Tahun 2012 Tentang Penerbitan Rekomendasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) Khusus dan Rahasia Bagi Kendaraan Bermotor Dinas.

"Saya jelaskan dengan STNK khusus atau rahasia itu adalah yang 4 angka kepalanya satu. Ini di dalam Perkap tersebut digunakan untuk pejabat-pejabat sipil yang mempunyai tugas khusus atau kerahasiaan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Gedung Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (25/10).


Rachel Vennya Ngaku Tidak Karantina, Kapendam Jaya: Di Absensinya Sempat Masuk 3 Hari

Sambodo mengatakan bahwa pelat 'RFS' milik Rachel bisa dimiliki oleh masyarakat umum.

"Ada juga yang tiga angka. Nah kalau ini pelat nomor biasa cuman nomornya tiga angka. Ada persyaratannya? Dia harus bayar PNBP (penerimaan negara bukan pajak) sesuai di mana diatur dalam ketentuan pemerintah dalam PNBP yang berlaku di lingkungan Polri," ujar Sambodo.

Sambodo mengatakan bahwa pelat milik Rachel Vennya tersebut sesuai aturan di PNBP bisa dimiliki masyarakat umum dengan membayar Rp7,5 juta.

"Kalau 3 angka itu PNBP-nya Rp 7,5 juta. Ada yang dua angka, ada yang satu angka. Jadi jangan salah, yang kemarin dipakai RV ini yang tiga angka dan tiap orang boleh asalkan bayar PNBP yang berlaku," jelasnya.

Pelat B-139-RFS milik Rachel Vennya terdaftar dengan identitas kendaraan Alphard berwarna putih. Sementara mobil B-139-RFS mobil Alphard yang ditumpangi Rachel Vennya berwarna hitam.

"Kita minta klarifikasi apakah kendaraan yang putih itu udah dicat hitam tanpa melapor ke kita untuk melakukan perubahan di database kita. Atau yang bersangkutan pakai kendaraan lain tapi dengan sengaja ditempelin yang harusnya untuk kendaraan putih," ujar Sambodo.

2 Oknum TNI Bantu Rachel Vennya Tak Karantina, Kapendam Jaya: Tidak Ada Upaya Suap

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata