logo


Viral Surat Terbuka Para Kapolsek Diperas Puluhan Juta, Kapolda Minta Usut Tuntas

Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan bahwa informasi yang tertuang dalam surat terbuka tidak benar atau hoaks.

25 Oktober 2021 05:30 WIB

Ilustrasi Polisi
Ilustrasi Polisi ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Baru-baru ini viral sebuah unggahan di media sosial yang berisi surat terbuka mengatasnamakan Kapolsek di jajaran wilayah Sulawesi Utara (Sulut) yang ditujukan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Surat terbuka itu berisi aduan yang menyebut Kasubdit Mutjab Biro SDM Polda Sulut AKP Rentha Pardede melakukan pemerasan berupa uang setoran Rp 50 juta per bulan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan bahwa informasi yang tertuang dalam surat terbuka itu tidak benar atau hoaks. Ia pun meminta seluruh jajarannya untuk mengusut hal tersebut hingga tuntas.

"Akun tersebut dalam penyelidikan tim Cyber Dit Reskrimsus Polda Sulut," kata dia dilansir detikcom, Senin (25/10/2021).


Viral Adik Iparnya Pacaran Pakai Mobil Dinas PJR, Ahok: Tindak Tegas!

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sulut Jules Abraham Abast. Ia mengatakan bahwa Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulut telah meminta keterangan terhadap kurang lebih 38 Kapolsek di wilayah jajarannya. Hasilnya, kata dia, informasi yang ditulis akun Facebook Mawar Hitam itu tidak benar

"Informasi tersebut hoaks alias bohong. Dan semua menyatakan tidak pernah mengalami seperti apa yang tertuang dalam postingan tersebut. Sehingga tidak benar ada pemerasan yang dilakukan oleh AKP Renthauli Pardede," tegasnya

Ia menduga akun Facebook Mawar Hitam yang mengunggah surat terbuka itu adalah akun palsu. Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial.

"Kami berharap masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial, dan tidak mudah percaya pada informasi atau berita yang tidak sesuai kebenarannya," pungkasnya.

Adik Ipar Pakai Mobil PJR untuk Pacaran, Ahok Kesal Namanya Dikaitkan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati