logo


Dipelihara Dalam Kandang Ini, Burung Puyuh Bisa Lebih Sehat Lho!

Jangan lupa, Anda harus memperhatikan lokasi dari kandang litter itu sendiri agar puyuh tak mudah stress

18 Mei 2015 09:45 WIB

Burung Puyuh ( Via : Istimewa )
Burung Puyuh ( Via : Istimewa )

JAKARTA, JITUNEWS.COMPuyuh merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang. Burung ini memiliki tubuh yang relatif kecil, berkaki pendek, dan dapat diadu. Burung ini pertama kali diternakan di Amerika serikat pada tahun 1870 dan terus dikembangkan ke penjuru dunia.

Di Indonesia sendiri, puyuh mulai dikenal dan diternak pada tahun 1979. Sentra peternakan burung puyuh sediri, banyak diternakan di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Burung puyuh memiliki berbagai manfaat yang dapat diambil dari telurnya maupun burung puyuh itu sendiri. Telur dan daging burung puyuh, dapat dimakan dan dikonsumsi sebagai makanan, bulunya sebagai bahan aneka kerajinan atau perabotan rumah tangga dan kotoran burung puyuh dapat dijadikan pupuk kandang atau kompos yang dapat digunakan untuk tanaman.

Terdapat du cara dalam beternak burung puyuh , yaitu dengan sistem kandang litter dan sitem kandang baterai. Kedua cara ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Namun, pembuatan kandang litter burung puyuh lebih efisien dibandingkan dengan membuat kandang baterai.


Miris, Empat Ekor Gajah di Sri Lanka Mati Tersambar Petir

Kandang Litter. Kandang litter adalah alas lantai sebuah kandang yang terbuat dari serbuk atau butiran-butiran benda yang mampu menyerap air dan bersifat cukup lembut. Dalam beternak burung puyuh dengan menggunakan kandang litter, dapat pula menggunakan kandang litter panggung yang biasa digunakan peternak ayam boiler atau ras. Kandang litter model ini sewaktu-waktu dapat diubah menjadi kandang baterai dengan cara mengangkatnya atau membuang litter.

Kekurangan beternak puyuh di kandang litter salah satunya membuat puyuh mengalami gangguan pernafasan jika litter terlalu lama atau tidak diganti. Maka beternak puyuh dengan kandang litter, harus membutuhkan perhatian lebih agar tidak litter tidak terlalu lama berada di dalam kandang. Namun kelebihan dengan menggunakan kandang litter terletak pada kesehatan burung puyuh itu sendiri, terutama pada kesehatan kaki puyuh. Sebab litter jauh lebih lembut dibandingkan dengan lantai kandang baterai yang umumnya terbuat dari jerejak kayu atau anyaman kawat.

Dalam beternak burung puyuh, harus memperhatikan lokasi dari kandang litter itu sendiri agar puyuh tidak mudah stress. Perlu diketahui juga, puyuh salah satu burung yang mudah stress jika tingkat kebisingan lingkungan cukup tinggi. Jika puyuh petelur mengalami stress bisa dipastikan puyuh tersebut tidak akan bisa memproduksi atau bertelur. Oleh karena itu, usahakan kandang puyuh jauh dari kebisingan.

Burung puyuh akan tumbuh dan berkembang di tempat yang teduh yang tidak terkena pancaran sinar matahari langsung. Maka langkah lebih baik lokasi dari kandang litter berada di bawah pohon yang rindang. (berbagai sumber)

Mau Usaha Ternak Burung Puyuh? Ini Kiat Suksesnya..

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana
 
×
×