logo


Bela China, Korea Utara Kecam Langkah AS yang Dukung Taiwan

Korea Utara mengatakan bahwa Taiwan adalah salah satu bagian dari China

23 Oktober 2021 19:29 WIB

Bendera China dan Taiwan
Bendera China dan Taiwan RT.com

PYONGYANG, JITUNEWS.COM - Pemerintah Korea Utara mengecam Presiden AS Joe Biden yang berkomitmen untuk mempertahankan Taiwan jika China benar-benar melancarkan agresi militernya.

Dalam sebuah pernyataan tertulis yang dirilis oleh KCNA pada Sabtu (23/10), Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Myong Ho juga menekankan bahwa situasi di sekitar wilayah Selat Taiwan tidak berkaitan dengan situasi di Semenanjung Korea. Ia juga mengkritisi kebijakan AS yang selama ini berupaya mempertahankan supremasinya di Asia Timur.

"Taiwan adalah sebuah bagian China yang teritegrasi," kata Pak dalam sebuah pernyataan tertulis tersebut.


Hizbullah Minta Israel Hentikan Eksplorasi Gas di Perairan yang Disengketakan

"Kami sepenuhnya mendukung pemerintah dan rakyat China...dalam mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorialnya," tambahnya.

Lebih lanjut, Pak menuding Washington telah menyebabkan ketegangan militer di Asia Timur dan intervensi AS dalam isu Taiwan dapat memicu potensi bahaya yang akan berdampak terhadap situasi di Semenanjung Korea.

Sebelumnya, juru bicara Kemenlu China Wang Wenbin menegaskan bahwa isu Taiwan merupakan masalah dalam negeri Beijing dan China tidak akan berkompromi terhadap semua kepentingan nasionalnya.

"Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China, dan isu Taiwan (adalah) murni urusan internal China, dan tidak ada campur tangan eksternal yang diizinkan," kata juru bicara itu kepada pers.

Perancis-Yunani Bentuk Pakta Pertahanan, Turki: Membahayakan NATO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia