logo


Hizbullah Minta Israel Hentikan Eksplorasi Gas di Perairan yang Disengketakan

Pemimpin Hizbullah mengatakan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan yang diperlukan jika Israel tetap melakukan eksplorasi migas di wilayah perairan perbatasan Lebanon-Israel

23 Oktober 2021 16:09 WIB

Hassan Nasrallah
Hassan Nasrallah istimewa

BEIRUT, JITUNEWS.COM - Pemimpin Kelompok Hizbullah, Hassan Nasrallah, pada Jumat (22/10) memperingatkan Israel untuk tidak melakukan pengeboran minyak dan gas di daerah perbatasan laut yang disengketakan antara kedua negara sampai masalah tersebut diselesaikan, dan mengatakan jika kelompok militan yang didukung Iran tersebut akan mengambil tindakan jika Israel tetap melakukannya.

“Jika musuh berpikir mereka dapat bertindak sesuka mereka sebelum mencapai solusi untuk masalah ini, mereka salah,” kata Hassan Nasrallah dalam pidato yang disiarkan televisi, dilansir Al Arabiya.

Lebanon dan Israel selama ini sudah terlibat sengketa wilayah perairan mereka dan negosiasi, dimana cadangan gas tersebut dapat digunakan oleh Lebanon untuk mengatasi krisis keuangan terburuknya.


Jaga Wilayah Perairan, Ukraina Dapat Kiriman Tiga Kapal Patroli dari AS

Kedua negara telah mengadakan pembicaraan yang dimediasi AS sejak Oktober lalu sebagai upaya penyelesaian sengketa tersebut.

“Saya tidak akan menyatakan posisi apa pun dalam hal ini karena saya tidak ingin memperumit negosiasi tetapi pasti perlawanan dari Lebanon akan dilakukan pada waktu yang tepat dengan mengikuti masalah ini ketika menemukan bahwa minyak dan gas Lebanon di wilayah yang disengketakan itu dalam bahaya,” kata Nasrallah.

Serangan Balasan AS di Suriah Tewaskan Seorang Komandan Al Qaeda

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia