logo


Erdogan Minta AS Kembalikan Dana Investasi Turki atas Proyek Jet Tempur F-35 yang Dibatalkan

Presiden Turki mengatakan bahwa pihaknya akan mendesak AS untuk mengembalikan dana investasi Turki atas proyek pengembangan pesawat tempur F-35 senilai USD 1,4 Miliar

22 Oktober 2021 20:33 WIB

Presiden Turki Reccep Erdogan
Presiden Turki Reccep Erdogan istimewa

ANKARA, JITUNEW.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pihaknya bertekad untuk mengambil kembali dana investasi senilai USD 1,4 miliar untuk pengembangan pesawat tempur F-35, yang sudah mereka serahkan kepada AS.

"Turki bertekad untuk mengambil kembali (dana) USD 1,4 miliar seiring dengan berlanjutnya pembicaraan mengenai (proyek) jet tempur F-35. Turki akan mengklaim haknya atas jet tempur F-35 dalam pembicaraan dengan Presiden AS Joe Biden pada pertemuan di Roma," kata Erdogan kepada media Turki TRT.

Seperti diketahui, AS sudah mendepak Turki keluar dari proyek pengembangan pesawat tempur generasi keenam tersebut pada 2019 yang lalu. Keputusan tersebut diambil setelah Turki membeli sistem pertahanan udara buatan Rusia, S-400.


Kongres AS Klaim India Sedang Kembangkan Senjata Hipersonik

Erdogan sebelumnya juga mengatakan jika pemerintah AS sudah menawarkan pesawat tempur F-16 sebagai ganti dari pembatalan penjualan F-35 kepada Turki.

"Kami sudah mengatakan bahwa kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan pertahanan negara kami," tambah Erdogan.

IAEA Tak Punya Bukti Iran Tingkatkan Kadar Uranium dalam Fasilitas Nuklirnya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia