logo


Kongres AS Klaim India Sedang Kembangkan Senjata Hipersonik

Laporan dari Badan Riset Kongres AS menyebut jika India akan memiliki senjata hipersonik

22 Oktober 2021 20:00 WIB

Ilustrasi Rudal Hipersonik
Ilustrasi Rudal Hipersonik Sputniknews

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Sebuah laporan yang disusun oleh pihak Kongres Amerika Serikat mengklaim jika India akan segera menjadi satu dari segelintir negara yang memiliki senjata hipersonik.

Dalam laporan yang dirilis pada pekan ini, Badan Riset Kongres (CRS) AS mengatakan bahwa selain India, program pengembangan senjata hipersonik juga tengah digarap oleh beberapa negara seperti China, Amerika Serikat, Rusia, Australia, Perancis, Jerman dan Jepang.

"India sedang mengembangkan sebuah rudal penjelajah hipersonik sebagai bagian dari program Hyp ersonic Technology Demonstrator Vehicle dan (mereka) sudah berhasil menguji coba sebuah scramjet (berkecepatan) Mach 6 pada Juni 2019 dan September 2020," kata laporan CRS, dikutip Sputniknews.


Joe Biden: Saya Tidak Ingin Perang Dingin dengan China

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa program pengembangan senjata hipersonik India tersebut mendapat bantuan dari Rusia, yang dijadwalkan akan siap dioperasikan setidaknya dalam waktu 4 hingga 7 tahun mendatang.

Selain itu, CRS juga mengklaim jika India saat ini sudah memiliki 12 unit terowongan angin dipersonik yang digunakan untuk melakukan uji coba kecepatan hingga Mach 13 atau tiga belas kali kecepatan suara.

Beijing: Isu Taiwan Murni Urusan Internal China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia