logo


Joe Biden: Saya Tidak Ingin Perang Dingin dengan China

Presiden AS menegaskan bahwa pihaknya akan terus mempertahankan diri terhadap semua pihak yang mengancam kepentingan nasional dan sekutunya

22 Oktober 2021 18:43 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin terlibat perang dingin dengan China. Meski begitu, ia menekankan bahwa AS akan terus mempertahankan diri jika ada pihak yang berupaya merusak kepentingan nasional dan sekutunya.

"Saya tidak ingin perang dingin dengan China. Saya ingin China memahami bahwa kami tidak akan mundur dan mengubah pandangan kami," kata Biden kepada CNN, Kamis (21/10).

"China, Rusia, dan seluruh dunia tahu kami memiliki militer paling kuat dalam sejarah dunia," tambahnya.


Jika Ukraina Gabung NATO, Vladimir Putin: Ancaman Nyata bagi Rusia

Biden juga mengatakan bahwa Amerika Serikat akan membela Taiwan jika China menyerang pulau itu.

"Ya, kami memiliki komitmen untuk melakukan itu," katanya

Sementara itu, Calon Duta Besar AS untuk China, Nicholas Burns, pada Rabu (20/10) mengatakan bahwa China merupakan salah satu ancaman keamanan terbesar bagi Amerika Serikat dan sistem demokrasi. Ia juga mengatakan jika Beijing tidak memiliki sekutu nyata, tidak seperti Washington.

Oleh karena itu, Burns meminta Kongres dan pemerintahan Biden untuk meningkatkan kerja sama keamanan dan penyediaan senjata ke Taiwan untuk mempertahankan diri dari ancaman China.

Dubes China Desak AS Berhenti Seret Taiwan dalam Peperangan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia