logo


Hari Santri 2021, Gibran Apresiasi Pesantren yang Mampu Hadapi Pandemi Covid-19

Tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19.

22 Oktober 2021 16:42 WIB

Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka Prokompim Pemkot Solo

SURAKARTA, JITUNEWS.COM – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka memimpin langsung upacara peringatan Hari Santri Tahun 2021 di halaman Balaikota, Surakarta, pada Jum’at (22/10).

Upacara Hari Santri 2021 yang bertema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’ ini diikuti oleh seluruh santri pondok pesantren yang tersebar di Kota Surakarta.

Dalam amanatnya, Gibran berharap para santri di seluruh Indonesia siap siaga untuk membela Tanah Air dan merawat perdamaian.


Gerindra: Semangat dan Loyalitas Santri kepada Kiai Patut Dicontoh dalam Berjuang

“Maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia,” ucap Gibran.

Gibran melanjutkan, tema tersebut sangat relevan di era pandemi Covid-19. Yakni santri dan masyarakat diminta tak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan,” jelas Gibran.

“Hal ini juga perlu diperhatikan oleh masyarakat pada umumnya agar tetap menyiagakan jiwa serta raganya demi kepentingan bangsa Indonesia, terutama dalam rangka bersama-sama untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Gibran juga mengapresiasi beberapa pesantren di Kota Surakarta yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi Covid-19.

“Bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi Covid-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya,” ungkapnya.

Selepas upacara, Gibran melakukan doa bersama dengan K. H Abdul Rozaq Shofawi dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2021 di ruangan wali kota.

Abu Janda: Indonesia Tak Akan Jadi Afghanistan Selama Masih Ada NU, Ansor dan Banser

Halaman: 
Penulis : Iskandar