logo


Dubes China Desak AS Berhenti Seret Taiwan dalam Peperangan

Dubes China untuk PBB mengatakan jika AS telah membuat Taiwan dalam situasi yang berbahaya

22 Oktober 2021 17:15 WIB

Bendera China dan Taiwan
Bendera China dan Taiwan RT.com

BEIJING, JITUNEWS.COM - Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun mengatakan bahwa komunitas internasional harus mendesak Amerika Serikat untuk berhenti menyeret Taiwan ke dalam perang.

"Beberapa negara, khususnya AS, mengambil tindakan berbahaya, membawa situasi di Selat Taiwan ke arah yang berbahaya," kata Zhang saat jumpa pers pada Kamis.

"Pada saat ini, yang harus kita minta adalah bahwa Amerika Serikat menghentikan praktik semacam itu. Menyeret Taiwan ke dalam perang, yang tentu saja, bukanlah kepentingan semua pihak," tambahnya.


Putin Sebut Keputusan Joe Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Sudah Tepat

Pada awal Oktober lalu, Wall Street Journal melaporkan bahwa Marinir AS dan pasukan operasi khusus telah diam-diam melatih tentara Taiwan setidaknya selama satu tahun, untuk mempertahankan diri dari kemungkinan agresi China.

Pada pekan lalu, China juga melakukan latihan militer di dekat perbatasan dengan Taiwan, dimana Beijing mengatakan jika kegiatan itu digelar untuk menjaga kedaulatan nasionalnya dan mencegah intervensi asing dalam isu internalnya.

Hingga kini, China masih menganggap Taiwan sebagai salah satu provinsinya, meski Taipei secara de facto sudah membentuk pemerintahan sendiri sejak 1949.

Jika Ukraina Gabung NATO, Vladimir Putin: Ancaman Nyata bagi Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia