logo


Ini Informasi yang Wajib Ada Dalam Slip Gaji dan Cara Membuatnya dengan Otomatis

Banyak perusahaan menggunakan aplikasi slip gaji untuk mempermudah

22 Oktober 2021 16:26 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan, pemberi kerja diwajibkan untuk memberikan slip gaji kepada mereka. Perusahaan tidak harus memberikan slip gaji jika karyawannya adalah pekerja lepas, seorang kontraktor dan pelaut, atau bertugas di satuan kepolisian.

Namun mereka harus menyimpan catatan tentang jam kerja, jenis pekerjaan, tingkat gaji dan perjanjian kerja Anda. Anda berhak mendapatkan salinan gaji dan catatan jam kerja jika Anda memintanya. Saat ini, banyak perusahaan menggunakan aplikasi slip gaji untuk mempermudah mengurus hal tersebut
Kami memberi saran kepada perusahaan untuk memberikan slip gaji kepada karyawan setiap kali mereka dibayar.

Informasi Slip Gaji


Tips Memilih Domain yang Tepat untuk Bisnis Online

Slip gaji yang tepat penghitungannya berisi seluruh informasi berikut:

  • Nama karyawan dan nomor ID
  • Gaji tahunan atau tarif per jam
  • Gaji dan upah sebagai pendapatan bersih diterima untuk periode pembayaran
  • Jenis pekerjaan (purna waktu, paruh waktu, kontrak)
  • Hak cuti sakit (sick leave entitlement)
  • Cuti tahunan (annual leave)
  • Kompensasi
  • Benefit meliputi program perusahaan, seperti jaminan hari tua atau pensiun, tunjangan hari libur, kesehatan, dan tabungan
  • Jumlah penghasilan karyawan sebelum dan sesudah pengurangan
  • Gaji kotor
  • Pajak dan tunjangan Asuransi Nasional yang dibuat
  • Pinjaman mahasiswa dan potongan perawatan anak
  • Kode pajak dan referensi pajak pemberi kerja
  • Informasi tersebut yang digunakan pada kwitansi sebagai tanda terima karyawan untuk pajak yang telah dikurangkan oleh pemberi kerja.

Slip gaji juga berisi pernyataan jumlah deduksi tertentu, misalnya pelunasan pinjaman secara musiman di dalam sebuah pernyataan terpisah. Namun, saat pemberi kerja tidak memiliki kewajiban hukum untuk memberikannya, karyawan harus memiliki hak untuk melihat informasi tentang bagaimana para atasan telah membuat daftar penggajian dan catatan waktu yang berkaitan dengan jam kerja mereka.

Cara Karyawan Berinteraksi dengan Slip Gaji

Para karyawan lebih suka menggambarkan bagaimana setiap elemen pembayaran upah, bonus, deduksi, opsi saham, dan sebagainya yang dapat mempengaruhi gaji karyawan. Slip gaji dapat digunakan sebagai bukti penghasilan, pajak yang dibayarkan, dan kontribusi pensiun lainnya.
Secara teratur, setiap karyawan menunjukkan jam kerja yang harus dibayarkan, tarif per jam atau gaji saat ini, atau jumlah tunjangan atau deduksi dari gaji, dan cuti tahunan yang harus dibayar. Mereka akan senang mengetahui kondisi pekerjaan-nya dengan tepat.

Fungsi interaksi para karyawan terhadap slip gaji adalah untuk:

  • Membantu karyawan untuk merencanakan liburan jauh dari pekerjaan dengan hati-hati
  • Membantu para atasan untuk mengelola beban kerja dengan lebih baik
  • Memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak untuk memiliki catatan mengenai cuti sakit dan penggantian untuk pengeluaran uang.

Buat Slip Gaji Kini Tak Ribet, Gunakan Saja Aplikasi Slip Gaji!

Slip gaji merupakan hal yang tidak asing lagi di kalangan karyawan dan HRD. meskipun tampak kecil, dokumen satu ini mempunyai berbagai kegunaan. Contohnya untuk mengajukan cicilan rumah dan melamar pekerjaan baru. Sayangnya, proses penyusunan slip gaji sering kali terbengkalai karena padatnya tugas HRD. Ada alternatif lain untuk menyusun slip gaji, yakni menggunakan aplikasi slip gaji.

Masalah Umum dalam Menyusun Slip Gaji

Memberikan gaji memang sudah kewajiban perusahaan kepada karyawan dan sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Tidak ada ketentuan khusus dalam format slip gaji. Akan tetapi, format umum yang tercantum adalah:

  • Gaji pokok
  • Tunjangan dan insentif
  • Pajak penghasilan
  • Potongan
  • Upah lembur

Sebenarnya, pihak perusahaan tidak berkewajiban untuk memberikan slip gaji setiap bulan kepada karyawan. Tetapi jika karyawan butuh, karyawan bisa mengajukannya kepada HRD.

Apa saja sih kendala yang dihadapi HRD dalam menyusun slip gaji?

  • Banyaknya komponen data yang harus disortir dan dimasukkan dalam slip gaji
  • Informasi gaji karyawan rentan bocor dan memicu konflik serta kecemburuan sosial dalam internal
  • Adanya tugas lain yang membutuhkan fokus dan analisis lebih, sehingga tugas administrasi seperti menyusun slip gaji bisa terganggu
  • Salah input data karyawan dalam dokumen
  • Sulit mengakses informasi karyawan dalam arsip yang menggunung

Talenta by Mekari, Aplikasi Payroll untuk Kelola Slip Gaji

Talenta by Mekari melalui aplikasi payroll dapat mewujudkan itu semua. Semua informasi terkait gaji karyawan mulai dari pajak penghasilan, tunjangan dan insentif, gaji pokok, potongan BPJS Kesehatan, dan sebagainya dapat diolah menjadi satu slip gaji yang siap diberikan kepada karyawan.

Berdasarkan kendala yang telah dijelaskan di atas, tentu tak heran jika banyak perusahaan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi slip gaji yang mampu memproses slip gaji secara otomatis dan cepat.

Dengan adanya bantuan dari aplikasi slip gaji Talenta by Mekari, HRD dapat memproses slip gaji hanya dalam hitungan menit! Karyawan pun tidak perlu menunggu waktu terlalu lama setelah pengajuan slip gaji kepada HRD. Otomatisasi dalam tugas administrasi seperti ini tentu akan membantu kinerja HRD jauh lebih efisien dan efektif, sehingga tugas lain yang jauh lebih penting bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Keunggulan Aplikasi Slip Gaji dari Talenta by Mekari

Aplikasi ini menawarkan kemudahan bagi HRD untuk mengelola karyawan secara holistik tanpa mengurangi kualitas. Lantas, apa saja keunggulannya?

1. Aman

Konflik internal akibat kecemburuan sosial karena informasi gaji yang bocor mungkin sering di dengar. Biasanya karyawan akan mempertanyakan mengapa gaji yang diterima karyawan lain bisa lebih tinggi meski posisi mereka setara. Padahal, ada berbagai pertimbangan mengapa gaji karyawan tersebut lebih tinggi seperti waktu kerja yang lebih lama dari karyawan yang lain.
Maka, aplikasi payroll dari Talenta by Mekari dilengkapi dengan cloud based server yang mampu menyimpan informasi gaji karyawan dalam satu pusat secara aman dan rahasia. Kebocoran data pun dapat diminimalisir.

2. Cepat dan Akurat

Keunggulan berikutnya adalah cepat dan akurat. Berkat adanya otomatisasi dan sentralisasi penyimpanan data, penyusunan slip gaji yang awalnya berjalan lama dan rumit menjadi cepat dan akurat. Tidak perlu lagi berkutat pada pengelolaan administrasi yang memusingkan!

3. Paperless

Penggunaan dokumen kertas tidak lagi praktis dan memakan tempat cukup banyak. Namun demikian, aplikasi slip gaji dari Talenta by Mekari tidak membutuhkan kertas. Slip gaji akan diolah secara otomatis dan akan menghasilkan format PDF. nantinya, slip gaji ini bisa langsung dikirim kepada karyawan melalui email atau dicetak jika memang harus ada bentuk fisiknya.

4. Mudah Digunakan

Tampilan dan fitur aplikasi slip gaji dari Talenta by Mekari sangat user friendly, sehingga mudah digunakan. HRD tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk beradaptasi dalam menggunakan aplikasi. Dengan begitu, pekerjaan yang lain pun akan cepat selesai.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi slip gaji dapat memudahkan pekerjaan HRD dalam memproses slip gaji karyawan. Ucapkan selamat tinggal kepada proses administrasi yang berbelit dan beralihlah kepada teknologi yang lebih praktis!

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi tim Talenta by Mekari dan jadwalkan demo aplikasi slip gaji sekarang juga dengan mengunjungi websitenya!

Pentingnya Database dalam Bisnis, Simak Kegunaannya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata