logo


Jika Ukraina Gabung NATO, Vladimir Putin: Ancaman Nyata bagi Rusia

Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa bergabungnya Ukraina ke dalam NATO merupakan ancaman bagi Rusia

22 Oktober 2021 16:45 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa kehadiran pasukan militer NATO di wilayah Ukraina merupakan ancaman nyata bagi Rusia.

“Pengembangan militer wilayah [Ukraina] sudah berlangsung, dan ini benar-benar merupakan ancaman nyata bagi Rusia. Kami menyadari hal ini,” kata Putin pada sebuah forum diskusi dikutip Sputniknews.

"Mari kita lihat apa yang akan terjadi di kancah politik domestik Ukraina dalam waktu dekat," tutup presiden.


Erdogan Siap Terjunkan Pasukan Militer dan Senjata Berat Turki ke Suriah

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd mengatakan bahwa AS sangat mendukung Ukraina untuk bergabung dengan aliansi pertahanan NATO dan menekankan bahwa negara ketiga tidak memiliki hak untuk mengintervensi upaya Ukraina tersebut.

Menanggapi pernyataan tersebut, Putin juga mengatakan bahwa peran Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd telah secara efektif membuka jalan bagi Ukraina untuk bergabung dengan aliansi tersebut.

"Menteri Pertahanan telah tiba dan membuka pintu NATO bagi Ukraina, pada kenyataannya, pernyataannya harus dan dapat ditafsirkan dengan hal ini," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrey Rudenko pada Kamis (21/10) mengatakan bahwa bergabungnya Ukraina menjadi anggota NATO akan menjadi langkah yang sangat berbahaya, yang akan memaksa Moskow untuk bereaksi.

"Kami percaya bahwa ini akan menjadi langkah yang sangat berbahaya yang akan memaksa Rusia untuk bereaksi dengan cara yang relevan," kata Rudenko.

Putin Sebut Keputusan Joe Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Sudah Tepat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia