logo


Putin Sebut Keputusan Joe Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Sudah Tepat

Presiden Rusia mengatakan jika Presiden AS Joe Biden sudah memahami jika keputusannya menarik mundur pasukan AS akan berbuah kritikan dari dalam negeri

22 Oktober 2021 16:15 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin reuters

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa Presiden Joe Biden sudah melakukan hal yang benar saat memutuskan untuk menarik mundur pasukan militer AS dari Afghanistan pada Agustus lalu.

Menurut Putin, Joe Biden sudah menyadari jika keputusan tersebut akan memicu kritikan dari dalam negeri, namun ia tetap mengambil tanggung jawab tersebut.

"(Presiden AS Joe) Biden kemungkinan sudah memahami, mungkin ia tidak secara detail dalam mengetahui apa yang akan terjadi, tapi ia memahami jika cara tersebut, secara domestik, akan menjadi pemicu serangan. Tapi ia terus melanjutkannya, menerima dan mengakui tanggung jawabnya," kata Putin.


Soal Ukraina Gabung NATO, Rusia: Langkah yang Sangat Berbahaya

Ia menambahkan bahwa semua negara koalisi NATO yang terlibat dalam konflik Afghanistan bertanggung jawab atas apa yang saat ini terjadi di Afghanistan. Oleh karena itu, lanjut Putin, mereka harus mencari solusi untuk permasalahan yang terjadi di negara tersebut, salah satunya dengan mencairkan aset milik Afghanistan.

Putin juga mengatakan jika pihaknya saat ini masih mempertimbangkan untuk menghapus Taliban dari daftar kelompok teroris.

"Kami pikir kami sedang bergerak ke arah itu," tambahnya.

Seperti diketahui, kelompok militan Taliban berhasil mengambil alih pemerintahan Afghanistan pada 15 Agustus lalu yang memicu negara-negara anggota NATO segera memulai proses evakuasi besar-besaran warga sipil dan pasukan militernya dari negara itu.

Erdogan Siap Terjunkan Pasukan Militer dan Senjata Berat Turki ke Suriah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia