logo


Erdogan Siap Terjunkan Pasukan Militer dan Senjata Berat Turki ke Suriah

Presiden Turki mengatakan jika pihaknya siap melancarkan serangan militer ke wilayah Suriah melawan pasukan militan Kurdi

22 Oktober 2021 15:45 WIB

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan istimewa

ANKARA, JITUNWES.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, pada Kamis (21/10) mengatakan jika diperlukan pihaknya akan menerjunkan pasukan militer lengkap dengan persenjataan berat ke wilayah Suriah untuk melawan pasukan militer rezim Bashar al Assad.

“Saat ini, operasi kami berlanjut di titik-titik penting di kawasan itu, sama sekali tidak ada kompromi. Kami melanjutkan proses ini di Suriah. Saat ini saya tidak tahu apa posisi rezim [Presiden Suriah Bashar Assad yang diakui secara internasional) akan mengambil (tindakan), tetapi kami terus melakukan semua yang diperlukan, terutama terhadap pendekatan ini di Idlib, dan kami akan terus merespons dengan semua persenjataan berat kami. Kami tidak akan membiarkan situasi terus seperti ini," kata Erdogan kepada wartawan, dikutip Sputniknews.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Turki sudah melancarkan tiga serangan militer ke wilayah Suriah Utara terhadap kelompok militan Kurdi yang didukung oleh AS.


Badan Pengawas Nuklir Bentuk Tim Khusus untuk Selidiki Kerja Sama Kapal Selam AUKUS

Sementara itu, pemerintahan Bashar al Assad sendiri menyebut Turki dan AS telah secara ilegal menduduki sejumlah bagian teritori Suriah, dan menuduh jika militer Turki terlibat dalam tindak pemusnahan rasial di Idlib.

Ankara membantah tuduhan tersebut, sementara AS mengklaim jika kehadiran mereka di Suriah adalah untuk memerangi kelompok teroris ISIS.

Soal Ukraina Gabung NATO, Rusia: Langkah yang Sangat Berbahaya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia