logo


Soal Ukraina Gabung NATO, Rusia: Langkah yang Sangat Berbahaya

Rusia siap mengeluarkan reaksi yang relevan jika Ukraina akhirnya bergabung menjadi anggota NATO

21 Oktober 2021 21:26 WIB

Aliansi Pertahanan Trans-Atlantik NATO
Aliansi Pertahanan Trans-Atlantik NATO istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrey Rudenko pada Kamis (21/10) mengatakan bahwa bergabungnya Ukraina menjadi anggota NATO akan menjadi langkah yang sangat berbahaya, yang akan memaksa Moskow untuk bereaksi.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd menegaskan bahwa AS sangat mendukung Ukraina untuk bergabung dengan aliansi pertahanan NATO dan menekankan bahwa negara ketiga tidak memiliki hak untuk mengintervensi upaya Ukraina tersebut.

"Tetapi kami masih tidak fokus pada posisi resmi, tetapi pada langkah nyata. Kami percaya bahwa ini akan menjadi langkah yang sangat berbahaya yang akan memaksa Rusia untuk bereaksi dengan cara yang relevan," kata Rudenko dikutip Sputniknews.


Keluarga Korban Serangan Salah Sasaran AS di Afghanistan Belum Terima Kompensasi atau Permintaan Maaf

"Karena ini adalah negosiasi antara NATO dan Ukraina, terserah mereka untuk memutuskan kapan dan apa yang dibutuhkan, tetapi kami memperingatkan mereka bahwa setiap langkah akan memiliki konsekuensi. NATO menyadari posisi kami di Ukraina," tambah diplomat itu.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengumumkan bahwa pihaknya akan menangguhkan kegiatan misi penghubung militer NATO di Moskow dan biro informasinya sebagai tanggapan atas diusirnya diplomat Rusia dari NATO.

Badan Pengawas Nuklir Bentuk Tim Khusus untuk Selidiki Kerja Sama Kapal Selam AUKUS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia