logo


Hadapi Ancaman Serangan Israel, AU Iran Gelar Latihan Tempur Besar-besaran

Angkatan Udara Iran akan menggelar latihan udara skala besar pada pekan ini

21 Oktober 2021 20:13 WIB

Pesawat tempur milik Rusia
Pesawat tempur milik Rusia Al Jazeera

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Angkatan Udara Iran (IRIAF) dikabarkan tengah bersiap menggelar kegiatan latihan tempur udara besar-besaran pada pekan ini, ditengah meningkatnya ketegangan dengan Israel, yang belakangan ini sudah menyiapkan anggaran khusus untuk menyerang fasilitas nuklir Iran.

Latihan tempur tersebut akan digelar secara nasional, di lima pangkalan udara Iran, dan melibatkan seluruh armada tempur udaranya dan digelar pada hari ini, Kamis (21/10) hingga Jumat besok.

Menurut laporan media Iran, PressTV, latihan tersebut juga akan melibatkan pesawat serang serta pencegat, drone, dan pesawat pengintai. Pesawat-pesawat tempur tersebut akan terbang dari Pangkalan Udara Shahid Babaei di Provinsi Isfahan tengah dan Pangkalan Udara Shahid Fakouri di Provinsi Azarbaijan Timur di ujung barat negara itu, dan sejumlah lokasi lainnya.


Konflik dengan Rusia Memanas, Inggris Malah Kirim Senjata untuk Ukraina

Berbicara kepada wartawan pada hari Rabu (20/10), Komandan IRIAF Brigadir Jenderal Hamid Vahedi mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan menjadi “penilaian kemampuan tempur unit IRIAF, meningkatkan kesiapan pencegat, mempraktikkan implementasi rencana pengintaian dan operasional, dan pembentukan model yang tepat yang sesuai dengan pertempuran di kehidupan nyata.”

Dia menambahkan bahwa latihan tersebut akan menguji “daya tahan jarak jauh jet tempur Angkatan Udara Republik Islam Iran di luar bidang pertahanan mereka, menunjukkan akurasi bom dan roket dalam serangan udara-ke-permukaan serta pengawasan zona operasional. ”

Parlemen Kolombia dan Venezuela Setuju Normalisasi Hubungan Diplomatik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia