logo


Parlemen Kolombia dan Venezuela Setuju Normalisasi Hubungan Diplomatik

Juru bicara parlemen Venezuela mengatakan jika pihaknya dan parlemen Kolombia sudah setuju dengan rencana normalisasi hubungan diplomatik kedua negara

21 Oktober 2021 19:59 WIB

Bendera Venezuela
Bendera Venezuela istimewa

KARAKAS, JITUNEWS.COM - Juru bicara Majelis Nasional Venezuela, Jorge Rodriguez, mengatakan bahwa parlemen Venezuela dan Kolombia sudah sepakat untuk merestorasi dan menormalisasi hubungan bilateral kedua negara.

Seperti diketahui, hubungan kedua negara Amerika Selatan tersebut mulai memburuk sejak Februari 2019 setelah munculnya krisis perbatasan terkait pasokan bantuan kemanusiaan untuk Venezuela.

Menurut Rodriguez, Presiden Senat Kolombia, Juan Diego Gomez Jimenez, sudah merespon proposal proses negosiasi terkait normalisasi hubungan tersebut secara positif.


Pangeran Arab Saudi Pertimbangkan Normalisasi Hubungan dengan Israel

"(Kami akan membahas) mengenai sejumlah isu: pertama, normalisasi hubungan diplomatik, kedua, normalisasi kerjasama perdagangan dan bisnis, termasuk saling melindungi perusahaan-perusahaan kedua negara," kata Jorge Rodriguez, dikutip Sputniknews.

Untuk diketahui, situasi di Venezuela hingga saat ini juga masih belum stabil setelah terjadinya protes massal terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro, sejak ia dilantik pada 21 Januari 2019.

Ketua Majelis Nasional yang dikuasai pihak oposisi, Juan Guaido, secara ilegal menyatakan dirinya sebagai kepala negara sementara yang mendapat pengakuan dari beberapa negara Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Sementara itu, Maduro yang didukung oleh Rusia, China, Turki, dan beberapa negara lain, menyebut Guaido sebagai boneka AS.

Konflik dengan Rusia Memanas, Inggris Malah Kirim Senjata untuk Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia