logo


China Uji Coba Rudal Hipersonik, Pemerintah AS Ketar-Ketir

Seorang reporter CNN mengatakan bahwa Presiden Joe Biden khawatir dengan uji coba peluncuran rudal hipersonik yang dilakukan oleh China

21 Oktober 2021 17:30 WIB

Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Presiden Amerika Serikat Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa dia khawatir dengan ancaman rudal hipersonik China menyusul adanya laporan yang menyebut jika Beijing telah melakukan uji coba senjata tersebut. Hal itu disampaikan oleh seorang reporter CNN Kaitlan Collins pada Rabu (20/10) dalam sebuah cuitan Twitter.

Pada Minggu (17/10), The Financial Times melaporkan jika militer China sudah melakukan uji coba peluncuran rudal hipersonik pada Agustus lalu. Laporan tersebut dibantah oleh pemerintah China yang mengatakan jika mereka hanya melakukan uji coba peluncuran pesawat luar angkasa, dimana uji coba dilakukan pada bulan Juli.

"Saat ditanya apakah dia khawatir tentang rudal hipersonik China, Presiden Biden mengatakan, 'Ya'," tulis Collins dalam cuitannya.


Pangkalan Militer AS di Perbatasan Irak-Suriah Kembali Diserang Drone

Sementara itu, meski sebelumnya enggan berkomentar terkait laporan tersebut, tetapi juru bicara Gedung Putih Jen Psaki pada Rabu (20/10) mengatakan bahwa pemerintah AS telah menyampaikan keprihatinannya terkait uji coba senjata hipersonik China melalui saluran diplomatik.

Sementara itu, sejumlah politisi AS juga mendesak Joe Biden untuk menangani masalah ini dengan serius dan memperingatkan agar anggaran sektot pertahanan AS tidak dipangkas.

Proses Penilaian Vaksin Sputnik V oleh WHO Sudah Masuki Tahap Akhir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia