logo


Pangkalan Militer AS di Perbatasan Irak-Suriah Kembali Diserang Drone

Komando Pusat Militer AS menduga serangan drone tersebut dilakukan oleh militan yang didukung oleh Iran

21 Oktober 2021 16:30 WIB

Pasukan militer AS
Pasukan militer AS istimewa

BAGHDAD, JITUNEWS.COM - Laporan yang beredar di media sosial menyebut jika sebuah pangkalan militer milik Amerika Serikat di Irak, tepatnya di wilayah At-Tanf, telah diserang pada Rabu malam oleh sejumlah drone militer tak dikenal.

Menurut laporan lokal, sebanyak lima pesawat nirawak terlibat dalam serangan itu, dan setidaknya satu unit drone menabrakkan diri. Seorang narasumber anonim mengatakan kepada BBC jika sejumlah drone tersebut datang dari perbatasan Irak-Suriah.

Sejauh ini, belum ada laporan yang menjelaskan apakah serangan tersebut memakan korban jiwa.


Spanyol Ekstradisi Mantan Kepala Mata-mata Venezuela ke AS

Seorang juru bicara Komando Pusat AS mengatakan kepada Sky News Arabia bahwa meski identitas para penyerang sejauh ini belum diketahui namun dugaan awal serangan tersebut dilakukan oleh pasukan milisi yang didukung oleh militer Iran.

Komando Pusat Militer AS, CENTCOM, kemudian mengklarifikasi kepada BBC bahwa serangan terhadap pangkalan militernya tersebut dilakukan dengan menggunakan “sistem udara tak berawak dan tembakan tidak langsung”.

“Kami akan mempertahankan hak pertahanan diri yang melekat dan akan merespons pada waktu dan tempat yang kami pilih,” ujarnya.

Pangkalan militer AS yang terletak di gurun terpencil dan dekat dengan perbatasan Suriah, Irak dan Yordania, telah dioperasikan sejak awal 2016 untuk melatih pasukan pemberontak yang berperang melawan pemerintahan Suriah pimpinan Bashar al-Assad.

Menhan Rusia Tuding AS Secara Aktif Tingkatkan Persenjataan Nuklir Taktis

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia