logo


Kim Jong-un Uji Coba Rudal, China Desak Semua Pihak Hentikan Kegiatan Militer di Semenanjung Korea

Juru bicara Kemenlu China meminta Korea Selatan dan Korea Utara untuk fokus penyelesaian konflik bilateral mereka

20 Oktober 2021 15:30 WIB

Juru Bicara Pemerintah China Wang Wenbin
Juru Bicara Pemerintah China Wang Wenbin istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, pada Selasa (19/10) mengatakan bahwa pihaknya meminta semua pihak, baik Korea Selatan maupun Korea Utara, untuk menghentikan seluruh kegiatan militer di Semenanjung Korea dan mengupayakan penyelesaian konflik kedua negara melalui jalur politik.

Pernyataan tersebut ia sampaikan untuk mengomentari uji coba peluncuran rudal balistik yang dilakukan oleh Korea Utara.

"Saat ini, situasi di Semenanjung berada pada titik kritis. Pihak-pihak terkait harus fokus pada situasi keseluruhan, menahan diri, berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung, mematuhi arah dialog dan negosiasi yang benar, dan mengikuti prinsip ganda - yakni, pendekatan jalur dan prinsip bertahap dan sinkron, hingga bekerja bersama untuk penyelesaian politik masalah Semenanjung," kata diplomat itu dalam konferensi pers, dilansir Sputniknews.


Menlu Rusia Bilang NATO Kubur Gagasan Kontak Bilateral dengan Moskow

Sebelumnya, pemerintah Korea Selatan dan Jepang melaporkan bahwa mereka mendeteksi kegiatan peluncuran proyektil tak dikenal oleh Korea Utara menuju Laut Jepang Selasa malam.

Militer Korea Selatan mengidentifikasinya sebagai rudal balistik jarak pendek, kemungkinan diluncurkan dari kapal selam. Menurut Seoul, rudal itu memiliki jangkauan 590 kilometer (366 mil) dan ketinggian maksimum 60 kilometer.

Cegah Gelombang Imigran Ilegal dari Belarus, Polandia Kerahkan 6 Ribu Personil Tentara ke Perbatasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia