logo


Kecam Uji Coba Peluncuran Rudal Korut, PM Jepang Ingin Perkuat Kemampuan Pertahanan Nasionalnya

Perdana Menteri Jepang mengatakan bahwa uji coba peluncuran rudal Korea Utara melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB

20 Oktober 2021 13:45 WIB

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jepang mengutuk keras uji coba peluncuran rudal Korea Utara, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, dan mengancam keamanan nasional Jepang. Hal itu disampaikan oleh Perdana Menteri Fumio Kishida pada Selasa (19/10).

"Kami sangat mengutuk peluncuran rudal Korea Utara. Ini melanggar ketentuan resolusi Dewan Keamanan PBB. Demi keselamatan warga negara kami, saya menginstruksikan badan yang bertanggung jawab untuk menganalisis informasi melalui pengawasan dan pengumpulan intelijen dan untuk berinteraksi secara dekat mengenai masalah ini dengan komunitas internasional, termasuk Amerika Serikat," kata Kishida kepada wartawan.

Kishida juga mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya.


Kim Jong-un Uji Coba Rudal Balistik, Korsel Kecewa Berat

"Kami berniat untuk terus meningkatkan kemampuan pertahanan negara secara signifikan untuk melindungi wilayah, perairan, penduduk, dan wilayah udara Jepang," katanya.

Pernyataan PM Jepang itu dikeluarkan setelah Pyongyang dilaporkan melakukan uji coba rudal balistik jarak pendek, yang menimbulkan kekhawatiran negara tetangga, Korea Selatan.

Menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengutip pejabat Korea Selatan, rudal itu terbang 430-450 kilometer (267-279 mil), mencapai ketinggian 60 kilometer (37 mil).

Uni Eropa Terancam dengan Reformasi Sistem Yudisial Polandia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia