logo


Soal Pengeras Suara, Jusuf Kalla: 75% Masjid di Indonesia Jelek Suaranya

Sebagian besar masjid mengeluarkan suara yang bisa didengar namun tidak bisa dipahami.

19 Oktober 2021 19:26 WIB

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla angkat bicara mengenai penggunaan pengeras suara masjid di Indonesia. Menurutnya, sebagian besar masjid mengeluarkan suara yang bisa didengar namun tidak bisa dipahami.

“Saya baru kemarin dari masjid agung di Semarang, kemudian masjid raya di Bandung, dalam waktu 3 hari untuk melihat apa yang dilakukan atau apa yang terjadi di masjid-masjid besar itu,” ujarnya dalam Tablig Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW, tayang di akun YouTube Masjid Istiqlal TV, Selasa (19/10).

“Ada hal yang paling bersamaan ialah kalau orang bicara ada khotibnya bisa mendengar, cuma tidak mengerti. Sistem yang semuanya keliru, didengar, membisingkan telinga, dua-duanya,” lanjutnya.


Sesalkan Aturan Pengeras Suara Masjid Tak Ditaati, Teddy Gusnaidi: Outputnya Ketidakindahan yang Sangat Mengganggu

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 itu menyebut DMI sejauh ini sudah menjalankan program perbaikan speaker masjid. Kendati begitu, sebanyak 75% masjid di Indonesia masih mengeluarkan suara yang kurang baik.

“Padahal kita dewan masjid sejak 10 tahun sudah mempunyai program untuk perbaikan sound system masjid,” kata JK.

“75% masjid di Indonesia jelek suaranya, didengar tidak mengerti, sedangkan waktu kita di masjid itu 80% mendengar, 20% ibadah atau sholat,” jelasnya.

JK: 75% Masjid di Indonesia Jelek Suaranya

Halaman: 
Penulis : Iskandar