logo


Jangan Sampai Kena! Kenali Penipuan Sim Swap Fraud

Penipuan sim swap adalah modus pengambilalihan sim card korban beserta data di dalamnya untuk membobol akun yang terintegrasi dengan nomor HP.

19 Oktober 2021 11:57 WIB

Ilustrasi sim swap fraud
Ilustrasi sim swap fraud smart-money.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemanfaatan internet untuk mendukung transaksi digital memang memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Di sisi lain, kecanggihan tersebut juga menimbulkan dampak negatif berupa maraknya penipuan online.

Data Kepolisian Republik Indonesia sejak 2016 hingga September 2020 mencatat laporan 7.047 kasus penipuan online atau rata-rata 1.40 kasus per tahun. Salah satu modus penipuan online yang marak terjadi adalah sim swap.

Apakah kamu sudah familiar dengan penipuan sim swap? Jika belum, maka sebaiknya kamu menyimak ulasan informasi berikut ini untuk menambah wawasanmu.


Tips Memilih Domain yang Tepat untuk Bisnis Online

Apa yang Dimaksud dengan Sim Swap Fraud?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia mendefinisikan sim swap sebagai upaya pengambilalihan sim card korban oleh oknum penipu sehingga sim card korban tidak bisa digunakan sama sekali dan dimanfaatkan penipu untuk meraup keuntungan besar. Dengan kata lain, sim swap adalah salah satu metode yang digunakan penipu online untuk membobol rekening bank korban.

Awalnya, modus penipuan sim swap fraud ditemukan di Australia tahun 2017. Kemudian, modus tersebut kemudian menyebar dan marak terjadi di berbagai negara. Itulah sebabnya masyarakat Indonesia juga harus berhati-hati mengantisipasi risiko sim swap yang rentan menyebabkan pencurian data-data pribadi dan kerugian berupa pembobolan rekening bank, rekening saham, dan lainnya.

Pentingnya Database dalam Bisnis, Simak Kegunaannya

Halaman: 
Penulis : Iskandar