logo


China Bantah Lakukan Uji Coba Rudal Hipersonik, Jubir Kemenlu: Itu adalah Kendaraan Luar Angkasa

Juru bicara Kemenlu China membantah laporan the Finansial Times yang sebelumnya melaporkan jika militer China sudah melakukan uji coba peluncuran rudal hipersonik pada Agustus lalu

18 Oktober 2021 19:18 WIB

Juru Bicara Pemerintah China, Zhao Lijian
Juru Bicara Pemerintah China, Zhao Lijian SCMP

BEIJING, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, pada Senin (18/10) menegaskan bahwa militer China pada Juli lalu hanya melakukan uji coba peluncuran kendaraan luar angkasa dan bukan rudal hipersonik berkemampuan nuklir. Pernyataan tersebut ia lontarkan sebagai bantahan atas laporan media yang menyebut jika China melakukan uji coba rudal hipersonik pada Agustus lalu.

"Itu bukan rudal, itu adalah kendaraan luar angkasa," kata juru bicara kementerian Zhao Lijian pada konferensi pers reguler di Beijing ketika ditanya tentang laporan itu, menambahkan bahwa itu adalah "ujian rutin" untuk tujuan pengujian teknologi untuk menggunakan kembali kendaraan tersebut.

Mengutip lima orang narasumber anonim yang mengetahui masalah ini, the Financial Times pada Sabtu akhir pekan lalu melaporkan bahwa China telah menguji rudal hipersonik berkemampuan nuklir yang terbang melalui ruang angkasa, mengelilingi dunia sebelum meluncur ke sasarannya. Sayangnya, rudal tersebut gagal menghantam sasaran dan meleset hingga puluhan mil.


Uni Eropa Sudah Ekspor Lebih dari 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 ke Seluruh Dunia

The Financial Times juga menyebut jika hal itu telah "mengejutkan intelijen AS".

Seperti diketahui, Amerika Serikat terus mengamati dengan cermat program modernisasi militer China untuk menilai kemungkinan risiko yang ditimbulkan oleh pesaing strategisnya tersebut.

Turki Bisa Beli Jet Tempur Sukhoi dari Rusia jika AS Tak Jadi Tawarkan F-16

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia