logo


Turki Bisa Beli Jet Tempur Sukhoi dari Rusia jika AS Tak Jadi Tawarkan F-16

Kepala Industri Pertahanan Turki mengatakan jika Turki bisa membeli pesawat tempur buatan Rusia jika AS tidak jadi menawarkan pembelian pesawat tempur F-16

18 Oktober 2021 19:03 WIB

Pesawat Jet Su-57 buatan Rusia
Pesawat Jet Su-57 buatan Rusia istimewa

ANKARA, JITUNEWS.COM - Kepala Industri Pertahanan Turki, Ismail Demir, pada Senin (18/10) mengatakan bahwa Turki bisa membeli pesawat tempur Su-35 dan Su-57 dari Rusia jika AS nantinya kembali membekukan pembelian pesawat tempur F-16.

"Jika proses (pembelian F-16 dan peningkatannya) tidak membawa hasil, maka Turki tidak akan tertinggal tanpa adanya alternatif. Jika diperlukan, topik (pembelian) Su-35 dan Su-57 bisa kembali dibuka setiap saat. Industri kami akan melakukan semuanya untuk memastikan keamanan (nasional) kami, dan jika ada sesuatu penambahan yang perlu dibuat, kami selalu bisa menemukan jalan keluar," kata Demir dalam sebuah wawancara yang disiarkan oleh stasiun televisi Kanal 7, dikutip Sputniknews.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan jika pemerintah AS sudah memberikan penawaran kepada Turki untuk membeli pesawat tempur F-16 sebagai ganti rugi atas investasi Turki dalam proyek pengembangan pesawat tempur generasi keenam, F-35.


Joe Biden Gagal Tangani Krisis Imigran Ilegal, Warga Perbatasan Terlantar

AS mengklaim jika Turki dikeluarkan dari proyek tersebut setelah Ankara memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara buatan Rusia, S-400.

“Kami berbicara tentang $ 1,4 miliar yang dihabiskan untuk proyek pengembangan F-35. Sebagai imbalan atas investasi ini, AS sudah mendekati kami dengan tawaran ini (F-16). Kami memberi tahu mereka bahwa kami akan melakukan segalanya untuk memenuhi kebutuhan pertahanan negara kami," kata Erdogan.

Uni Eropa Sudah Ekspor Lebih dari 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 ke Seluruh Dunia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia