logo


Uni Eropa Sudah Ekspor Lebih dari 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 ke Seluruh Dunia

Presiden Uni Eropa mengatakan bahwa pihaknya sudah mengekspor vaksin Covid-19 lebih dari 1 miliar dosis ke lebih dari 150 negara di dunia

18 Oktober 2021 18:46 WIB

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen
Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Presiden Komisi Uni Eropa, Ursula von der Leyen, pada Senin (18/10) mengatakan bahwa pihaknya sudah mengekspor lebih dari satu miliar dosis vaksin Covid-19 sejak Desember 2020 lalu, ke lebih dari 150 negara di seluruh dunia, dimana jumlah tersebut sama dengan jumlah dosis yang diterima oleh negara-negara anggota Uni Eropa.

Dalam sebuah pernyataan, ia mengakui jika prosentase penjualan dan donasi vaksin Covid-19 ke negara-negara miskin sejauh ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan total ekspor, namun Uni Eropa berencana untuk mendistribusikan setidaknya 500 juta suntikan ke negara-negara yang paling rentan dalam beberapa bulan ke depan.

Para pejabat Uni Eropa mengatakan bahwa setengah dari jumlah dosis ini akan dipasok dari kontrak baru yang ingin dibuat oleh Uni Eropa dengan sejumlah produsen vaksin m-RNA dan setengah lainnya dari donasi negara-negara Uni Eropa yang telah membeli vaksin.


PM Israel Sebut Iran sebagai Sumber Ketidakstabilan di Lebanon, Irak dan Suriah

Blok tersebut telah menandatangani kontrak pasokan dengan pembuat vaksin mRNA; Pfizer-BioNTech untuk total hingga 2,4 miliar dosis hingga 2023 dan dengan Moderna hingga 460 juta dosis.

Uni Eropa juga sudah membentuk mekanisme kontrol ekspor vaksin pada akhir Januari lalu untuk memantau aliran ekspor vaksin Covid-19 dari benua tersebut.

Joe Biden Gagal Tangani Krisis Imigran Ilegal, Warga Perbatasan Terlantar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia