logo


Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pembom AS yang Coba Masuk Wilayahnya di Atas Laut Jepang

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan jika pesawat pembom AS, B-1B Lancer telah terbang mendekati wilayah udara Rusia pada Minggu (17/10)

18 Oktober 2021 09:53 WIB

Pesawat pembom B-1B Lancer milik Angkatan Udara Amerika Serikat
Pesawat pembom B-1B Lancer milik Angkatan Udara Amerika Serikat istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Sebuah pesawat tempur milik Angkatan Udara Rusia pada Minggu (17/10) dikabarkan telah menghalau sebuah pesawat pembom Amerika Serikat, B-1B Lancer.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa berdasarkan pantauan radar, pesawat pembom AS tersebut terbang di atas Laut Jepang dan berupaya mendekati wilayah udara Rusia.

"Satu unit jet tempur MiG-31 dikerahkan untuk mengidentifikasi target udara dan mencegahnya melanggar perbatasan negara Rusia," kata kementerian tersebut, dilansir Sputniknews.


AS Bakal Gelar Latihan Tempur Gabungan Skala Penuh dengan Thailand di Asia Tenggara Tahun Depan

Kemenhan Rusia menambahkan jika pesawat pembom AS tersebut berhasil dihalau sebelum melanggar wilayah udaranya.

Beberapa hari sebelumnya, kapal perusak kelas Arleigh Burke USS Chafee berlayar di Peter the Great Gulf, jalur air yang menghubungkan kota pelabuhan Rusia Vladivostok dengan Laut Jepang.

"Setelah menerima peringatan, alih-alih mengubah arah untuk meninggalkan wilayah laut tertutup, Chafee mengibarkan bendera tanda yang menunjukkan persiapan lepas landas dari dek helikopternya, yang berarti bahwa tidak mungkin kapal perang mengubah arah dan kecepatannya, dan mengambil tindakan yang melanggar perbatasan negara Federasi Rusia di Peter the Great Bay," katanya.

Militer China Tuding AS dan Kanada Lakukan Tindak Provokasi di Selat Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia