logo


Tanggapi Ceramah Syafiq Riza, Abu Janda: Saya Muslim Tapi Sahabat Banyak Nonmuslim, Tak Masalah

Muslim wajib jaga hubungan tidak hanya dengan Allah, tapi juga sesama manusia.

17 Oktober 2021 23:48 WIB

Permadi Arya/ Ustaz Abu Janda
Permadi Arya/ Ustaz Abu Janda Twitter @permadiaktivis

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Cuplikan video ceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah tengah menjadi sorotan di media sosial. Pasalnya, sang pendakwah mengatakan kaum muslimin sebaiknya tidak berteman dekat dengan penganut keyakinan yang berbeda.

“Kalau kita punya kenalan non-muslim, karena dia satu kampus gak masalah, akan tetapi jangan dekat. Lama-kelamaan, tatkala kita melihat perbuatan kekufuran dia, kita jadi biasa. Tidak ada yang awalnya kita benci, kita malah bisa cinta sama dia, itu yang ditakutkan,” ujar Ustaz Syafiq dalam video yang beredar.

“Kalau berdagang, bergaul sama orang non-muslim gak masalah, tapi untuk menjadi teman dekat, jangan!” tegasnya.


Baim Wong Marahi Seorang Kakek, Abu Janda: Akhlak Murid ya Gimana Gurunya

Pernyataan Ustaz Syafiq itu sontak disambar oleh pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda. Dia tampak tak sepakat dengan apa yang disampaikan penceramah tersebut.

“Saya seorang muslim, tapi sahabat dekat saya banyak non muslim. bahkan saya bersahabat dengan pendeta-pendeta seperti Pak Gilbert @pastorgilbertl, dll.. Panglima saya Pak Menag @gusyaqut juga bersahabat dengan paus @franciscus, tidak masalah,” tulisnya lewat unggahan Instagram, dikutip Minggu (17/10).

Sepengetahuan Abu Janda, Al-Qur’an telah mengajarkan Hablum Minallah juga Hablum Minannas, yakni muslim wajib jaga hubungan tidak hanya dengan Allah, tapi juga sesama manusia.

“Karena nabi saya, Muhammad SAW mengajarkan: Khoirunnas anfauhum linnas, yakni sebaik baiknya manusia adalah yang berguna bagi manusia lain (tak memandang agama nya apa),” imbuhnya.

“Dan karena sahabat nabi Ali Bin Abi Thalib R.A. berwasiat kepada kami: mereka yang bukan saudara dalam iman adalah saudara dalam kemanusiaan,” tutup Abu Janda.

Militer RI Terkuat se-Asia Tenggara di Era Menhan Prabowo, Abu Janda: Jadi Ingat Pilpres...

Halaman: 
Penulis : Iskandar