logo


Mustafa Kemal Ataturk Bakal Jadi Nama Jalan di Jakarta, PKS: Hendaknya Dikaji Ulang

HNW berharap penamaan jalan tak didasari desakan dari pihak mana pun.

16 Oktober 2021 15:30 WIB

Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid Detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid turut mengomentari wacana pemberian nama salah satu jalan di Jakarta dengan nama tokoh sekuler Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Pria yang karib disapa HNW ini meminta Pemprov DKI mengkaji ulang wacana tersebut. Dia berharap penamaan jalan tak didasari desakan dari pihak mana pun.

“Usulan tokoh sekuler Turki Kemal Pasha Ataturk untuk jadi nama jalan di Jakarta, hendaknya dikaji ulang,” tulisnya di akun Twitter @hnurwahid, Sabtu (16/10).


Tolak Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta, Ustaz Hilmi: Orang Ini Sangat Dibenci Muslimin karena Seorang Diktator

Wakil Ketua MPR RI itu menyarankan Pemprov DKI mencontoh sikap Maroko yang tak meminta nama rajanya dijadikan nama jalan di Jakarta. Padahal, nama Soekarno dipakai untuk menamai jalan di Negeri Matahari Terbenam itu.

“Boleh saja memberikan nama Jalan Soekarno di Ankara, tapi berlakulah seperti Maroko, di sana ada Jalan Soekarno, tanpa minta nama Jalan Raja Maroko di Jakarta,” jelasnya.

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia di Ankara, Muhammad Iqbal mengatakan, pihaknya akan meminta komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan nama jalan Mustafa Kemal Ataturk.

Iqbal menyebut pihaknya sudah memberikan data terkait karakter hingga panjang jalan kepada Pemprov DKI Jakarta.

“Melalui Wakil Gubernur pada saat itu, sudah mengalokasikan salah satu jalan di daerah Menteng. Itu yang nantinya akan diberikan nama founding father Turki,” ujar Iqbal.

Namun sejauh ini, Pemprov DKI dan KBRI Ankara masih menanti kepastian nama yang akan digunakan sebagai jalan.

Menag Geser Hari Libur Keagamaan, Fadli Zon: Aneh, Kurang Faedah dan Kurang Kerjaan

Halaman: 
Penulis : Iskandar