logo


Hubungan AS-Rusia Masih Panas, Moskow: Tidak Ada Pihak yang Puas

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexey Overchuk mengatakan bahwa Rusia dan AS bisa meningkatkan kerja sama di sektor perdagangan

16 Oktober 2021 10:30 WIB

Bendera Rusia dan Amerika Serikat
Bendera Rusia dan Amerika Serikat istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Wakil Perdana Menteri Rusia Alexey Overchuk mengatakan bahwa baik pemerintah Rusia maupun Amerika Serikat tidak puas dengan hubungan bilateral kedua negara saat ini. Hal itu ia sampaikan kepada wartawan setelah mengadakan pertemuan dengan para pejabat AS pada Jumat (15/10).

"Jelas, tidak ada pihak yang puas dengan keadaan hubungan saat ini dan catatan utama selama semua pertemuan adalah bahwa hubungan harus ditingkatkan," kata Overchuk, dilansir Sputiknews..

Setelah pertemuan dengan pejabat AS, wakil Perdana Menteri mencatat bahwa Rusia dan Amerika Serikat dapat mencapai rekor tertinggi dalam omset perdagangan pada akhir tahun 2021.


Turki Siapkan Aksi Militer terhadap Militan Kurdi di Suriah jika Diplomasi dengan AS dan Rusia Gagal

"Kami dapat mencapai rekor omzet perdagangan pada akhir tahun ini, dan itu sangat positif," kata Overchuk, Jumat.

Pada Januari-Juni 2021, total nilai perdagangan antara AS dan Rusia sekitar $19,8 miliar, tambahnya.

Overchuk mengatakan banyak perusahaan AS tertarik untuk bekerja sama dengan Rusia dan semakin ingin bekerja di negara itu. Menurutnya, mereka memiliki pandangan yang sangat positif tentang adanya kerja sama AS dengan Rusia.

Pada kesempatan tersebut, Overchuk juga mengatakan bahwa pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang mencapai netralitas karbon pada tahun 2060 telah diterima dengan sangat baik di Amerika Serikat.

“Pernyataan yang dibuat oleh Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060 diterima dengan sangat positif dan begitu juga di semua pertemuan yang kami lakukan,” tukasnya.

Kebijakan Joe Biden Diyakini Bisa Hancurkan Peran AS di Kancah Internasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia