logo


Turki Siapkan Aksi Militer terhadap Militan Kurdi di Suriah jika Diplomasi dengan AS dan Rusia Gagal

Dua petugas polisi Turki tewas dalam baku tembak dengan pejuang Kurdi di Suriah Utara pada Minggu (10/10)

15 Oktober 2021 21:15 WIB

Kendaraan militer Turki di Suriah
Kendaraan militer Turki di Suriah Sputniknews

ANKARA, JITUNEWS.COM - Turki sedang mempersiapkan kemungkinan aksi militer lebih lanjut terhadap milisi Kurdi yang didukung AS di Suriah utara jika pembicaraan tentang isu keamanan di wilayah itu dengan Amerika Serikat dan Rusia gagal.

"Sangat penting bahwa daerah-daerah, terutama wilayah Tel Rifaat dari mana serangan terus-menerus dilakukan terhadap kami, dibersihkan," kata seorang pejabat senior Turki yang tidak disebut namanya kepada Reuters.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan bahwa negaranya akan melakukan tindakan balasan menyusul laporan bahwa dua petugas polisi Turki tewas dalam baku tembak dengan pejuang Kurdi di Suriah Utara.


Iran Disebut Belum Siap Lanjutkan Negosiasi Pemulihan Perjanjian Nuklir

"Kesabaran kami sudah habis," kata sang Presiden, seperti dikutip dari Daily Sabah.

Turki mengatakan bahwa petugas polisi di wilayah Azaz Suriah terkena serangan peluru kendali pada Minggu (10/10) yang diluncurkan dari wilayah Tel Rifaat oleh milisi Kurdi, yang dianggap oleh Ankara sebagai kelompok teroris.

"Turki bertekad untuk menghilangkan ancaman yang timbul dari Suriah utara, baik bersama dengan pasukan yang aktif di sana, atau dengan cara kami sendiri," tambah Erdogan.

Taliban Dijadwalkan Berkunjung ke Moskow Pekan Depan, Rusia: Kami Tidak Berharap Adanya Terobosan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia