logo


Taliban Dijadwalkan Berkunjung ke Moskow Pekan Depan, Rusia: Kami Tidak Berharap Adanya Terobosan

Delegasi Taliban dijadwalkan mengadakan kunjungan ke Moskow untuk bertemu dengan pemerintah Rusia pada pekan depan

15 Oktober 2021 21:00 WIB

Gedung Kremlin di Moskow, Rusia
Gedung Kremlin di Moskow, Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Perwakilan khusus pemerintah Rusia untuk Afghanistan, Zamir Kabulov, pada Jumat (15/10) mengatakan bahwa dia tidak mengharapkan terciptanya sebuah terobosan besar dalam pembicaraan antara pihaknya dengan kelompok Taliban yang akan digelar pekan depan di Moskow.

Kabulov mengatakan bahwa meskipun Taliban telah mengkonfirmasi kehadiran mereka pada pembicaraan yang dijadwalkan akan digelar pada Rabu pekan depan, tetapi mereka belum mengumumkan anggota delegasi yang akan ikut serta dalam rombongannya ke Moskow.

"Kami tidak berharap adanya terobosan," kata kantor berita RIA mengutip Kabulov.


Rusia dan China Gelar Latihan Tempur Gabungan di Laut Jepang

"Kami memahami bahwa ini adalah proses yang panjang," tambahnya.

Kabulov menambahkan bahwa seorang pejabat dari Rusia, Amerika Serikat, China dan Pakistan akan bertemu secara terpisah di Moskow pada hari Selasa pekan depan untuk menyatukan sikap mereka terhadap perkembangan situasi di Afghanistan.

Saat ini, Rusia masih khawatir dengan kemungkinan penyusupan kelompok militan Islam ke bekas republik Soviet di Asia Tengah, yang dilihat Moskow sebagai penyangga pertahanan sisi selatannya.

Sejak Taliban mengambil alih pemerintahan Afghanistan pada 15 Agustus lalu, Moskow telah mengadakan latihan militer di Tajikistan dan menyiapkan persenjataannya di pangkalan militernya di sana.

Iran Disebut Belum Siap Lanjutkan Negosiasi Pemulihan Perjanjian Nuklir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia