logo


Korupsi Kian Meningkat, KPK Sebut 91 Persen Instansi Terima Gratifikasi

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menyebut tingkat korupsi di instansi atau lembaga masih tergolong rendah.

15 Oktober 2021 05:00 WIB

Pimpinan KPK Alexander Marwata
Pimpinan KPK Alexander Marwata kumparan.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa tingkat gratifikasi di sejumlah lembaga dan instansi sangat tinggi. Hal tersebut diketahui dari hasil survei penilaian integritas (SPI) tahun 2019

"Penerimaan gratifikasi pada pelayanan publik ditemukan pada 91 persen instansi, ini masih tinggi. Masih ditemukan pegawai atau pejabat yang menerima imbalan yang sifatnya gratifikasi," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam webinar, Kamis (14/10/2021).

Alex mengungkapkan sebanyak 76 persen instansi melakukan penyelewengan anggaran. Kemudian 63 persen instansi melakukan suap dalam lelang jabatan.


Novel Baswedan Diminta Buktikan Azis Syamsuddin Punya Bekingan di KPK

"Beberapa kegiatan operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK menyangkut jual beli jabatan dan ini terkonfirmasi sekalian dari hasil survei SPI tahun 2019 yang menunjukkan 63 persen itu faktanya ada suap dalam pengisian jabatan," ujarnya.

Tidak hanya itu, hasil SPI juga menyatakan bahwa ditemukan calo pada 99 persen instansi. Meski demikian, Alex menyebut tingkat korupsi di instansi atau lembaga masih tergolong rendah.

"Keberadaan calo untuk pelayanan publik ditemukan pada 99 persen instansi, berarti hampir 125 instansi masih ada calo, tapi tingkat korupsinya rendah," pungkasnya.

 

Terlibat Kasus Korupsi, Kanselir Austria Mundur

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati