logo


Kasus Kedua Infeksi Virus Ebola Terkonfirmasi di Kongo

Pejabat pemerintahan Republik Demokratik Kongo pada Kamis (19/10) menyatakan bahwa kasus kedua wabah Ebola di kota Benin sudah terkonfirmasi

15 Oktober 2021 02:51 WIB

Petugas medis yang menggunakan pakaian hazmat
Petugas medis yang menggunakan pakaian hazmat istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kasus kedua infeksi virus Ebola telah terkonfirmasi di Republik Demokratik Kongo timur. Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat kesehatan setempat pada Kamis (14/10). Kasus tersebut muncul kurang dari seminggu setelah sebelumnya seorang anak laki-laki tewas diduga terinfeksi virus Ebola yang bisa menimbulkan kekhawatiran akan wabah besar lainnya.

"Pihak berwenang di kota Beni, Kongo, mendeteksi kasus tersebut pada hari Rabu (13/10), ketika petugas medis memulai kampanye vaksinasi Ebola di sana," kata pejabat kota Michel Tosalisana kepada media lokal, dilansir Al Arabiya.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tiga orang dari lingkungan yang sama telah meninggal dunia pada September lalu setelah mengalami gejala mirip Ebola, yakni muntah parah, pendarahan, dan diare.


Duterte Minta Vaksinasi Dilakukan saat Warga Tertidur, Jubir: Hanya Lelucon

Kota Beni sendiri merupakan pusat atau episentrum penyebaran wabah Ebola antara tahun 2018 hingga 2020 yang menewaskan lebih dari 2.200 orang dan menginfeksi lebih dari 1.000 lainnya. Wabah terbaru dari virus mematikan itu berakhir pada bulan Mei tahun ini.

Meski demikian, pihak dinas kesehatan setempat masih belum mengetahui apakah kasus terbaru ini masih terkait dengan wabah Ebola yang sebelumnya terjadi.

AS Segera Lanjutkan Proses Evakuasi Warga dari Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia