logo


Taiwan Tak Akan Memulai Perang dengan China

Menhan Taiwan mengatakan kepada anggota parlemen jika pihaknya tidak akan memulai perang dengan China.

14 Oktober 2021 12:05 WIB

Pasukan militer Taiwan
Pasukan militer Taiwan istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Taiwan, Chiu Kuo Cheng, mengatakan bahwa Taiwan tidak mungkin memulai perang dengan China. Hal itu ia sampaikan di dalam sebuah rapat dengan anggota parlemen, pada Kamis (14/10).

Pernyataan tersebut cukup membingungkan mengingat situasi ketegangan antara China dan Taiwan semakin meningkat. Terlebih Beijing sudah mengisyaratkan akan menggunakan segala cara untuk memaksa Taipei kembali bergabung bersama China Daratan.

"Republik China (nama resmi Taiwan) sama sekali tidak akan memulai perang dengan China," kata Chiu Kuo Cheng, dikutip Reuters.


Rusia Sebut Perlombaan Senjata Global Terjadi karena Ulah Amerika Serikat

Seperti diketahui, meski para pejabat China sudah mengindikasikan bahwa pihaknya tak segan mengerahkan kekuatan tempur untuk mencegah kemerdekaan Taiwan, namun selama ini Taipei menegaskan bahwa pihaknya akan mempertahankan kedaulatannya.

Pada pekan lalu, Chiu juga mengatakan kepada parlemen Taiwan jika militer China memiliki kemampuan untuk melakukan invasi "skala besar" terhadap Taiwan pada tahun 2025 mendatang, seiring dengan semakin meningkatnya ketegangan di kawasan Selat Taiwan.

Soal KTT Normandia, Ukraina: Kami Sedang Menunggu Sinyal dari Moskow

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia