logo


Negara-negara Sekutunya Mulai Normalisasi Hubungan dengan Suriah, Begini Respons AS

Menteri Luar Negeri AS mengatakan bahwa pihaknya tidak mendukung upaya pemulihan hubungan diplomatik dengan pemerintahan Bashar al Assad di Suriah

14 Oktober 2021 09:34 WIB

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Al Jazeera

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, pada Rabu (13/10) mengatakan bahwa pemerintahan Joe Biden tidak mendukung upaya pemulihan hubungan diplomatik dengan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad di Suriah.

“Apa yang belum kami lakukan dan yang tidak ingin kami lakukan adalah menyatakan dukungan terhadap upaya untuk menormalkan hubungan atau merehabilitasi Assad atau mencabut satu sanksi terhadap Suriah atau mengubah posisi kami untuk menentang rekonstruksi Suriah, sampai ada keputusan menuju solusi politik yang tidak dapat diubah, yang kami yakin sebagai hal vital yang perlu dilakukan,” kata Blinken dalam konferensi pers, dilansir Al Jazeera.

Pernyataan tersebut terlontar usai sejumlah negara sekutu AS di Timur Tengah, belakangan ini mulai mengisyaratkan untuk menormalisasi hubungan diplomatik dengan Suriah.


Janji Beri Bantuan Finansial hingga $692 Juta ke Afghanistan, Jerman Masih Enggan Akui Pemerintahan Taliban

Pada akhir September lalu, pemerintah Yordania diketahui memtuskan untuk membuka jalur penyeberangan lintas perbatasan mereka dengan Suriah untuk membantu memulihkan perekonomian Suriah.

Langkah tersebut juga diikuti oleh Uni Emirat Arab. Pada Minggu (10/10), Kementerian Perekonomian Uni Emirat Arab mengatakan bahwa pihaknya dan Suriah sudah sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi di masa depan.

Uni Emirat Arab pada 2018 lalu juga kembali membuka kantor kedutaan besarnya di Damaskus, dan pada awal tahun ini mengatakan jika sanksi AS membuat Suriah untuk kembali bergabung dengan Liga Arab.

Turki Salahkan Rusia dan AS atas Serangan Teroris di Suriah Utara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia