logo


Jawab Sindiran PKS Soal Penunjukan Megawati di BRIN, PDIP: Riset Harus Digerakkan Ideologi!

Hasto sebut Megawati sebagai sosok yang peduli dan konsisten menyuarakan pentingnya pengembangan riset dan inovasi bangsa.

14 Oktober 2021 05:30 WIB

Megawati dan Hasto Kristianto
Megawati dan Hasto Kristianto CNNIndonesia

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menjawab sindiran politikus PKS Mulyanto yang menyatakan penunjukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membuka peluang munculnya politisasi politik riset.

Menurutnya, penempatan Ketua Umum-nya di BRIN sudah tepat karena riset dan inovasi harus digerakkan oleh ideologi bangsa.

"Dan sesuai ketentuan peraturan-perundang-undangan yang menempatkan Ketua Dewan Pengarah BPIP ex officio sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN merupakan keputusan tepat. Karena riset dan inovasi harus digerakkan oleh ideologi bangsa agar Indonesia benar-benar berdaulat, berdikari (berdiri di atas kaki sendiri), dan bangga dengan jati diri kebudayaannya," kata Hasto dalam keterangan resminya, Rabu (13/10/2021).


Arteria Dahlan Tak Setuju OTT Terhadap APH, Junimart: Itu Pernyatan Pribadi, Bukan dari Sikap PDIP

Hasto mengatakan bahwa Megawati adalah sosok penggagas awal BRIN. Ia juga menyebut Megawati sebagai sosok yang peduli dan konsisten menyuarakan pentingnya pengembangan riset dan inovasi bangsa.

"Kepedulian Ibu Megawati itu merupakan bentuk dukungan yang konkret untuk pengembangan riset dan inovasi nasional yang memang memerlukan sumber daya finansial yang besar," ujarnya.

"Dengan menyatukan berbagai lembaga riset dalam satu kapal dengan satu nahkoda diharapkan tidak terjadi lagi duplikasi riset dan kesimpangsiuran tata kelola riset di Indonesia," lanjut dia.

 

Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, PKS: Terbuka Lebar Politisasi Riset

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati